Camat Sikakap Minta Pemdes Netral 

Camat Sikakap Minta Pemdes Netral  Camat Sikakap Victor didampingi PLT Kepala Desa Matobe Charles lagi memberikan arahan kepada aparatur Desa Matobe tentang Pilkades. (Foto: Supri/Mentawaikita.com)

SIKAKAP- Camat Kecamatan Sikakap Victor menegaskan pemerintah desa (Pemdes) tidak boleh memihak kepada salah satu calon kepala desa di Pilkades 16 Juni mendatang.

"Pilkades serentak di Kabupaten Kepulauan Mentawai akan dilaksanakan 16 Juni, mulai 5-12 Juni kampanye Calon Tetap (CT) kepala desa, untuk itu kepada seluruh aparatur desa agar tetap netral tidak memihak kepada salah satu cakades (calon kepala desa),"katanya saat pertemuan aparatur desa Matobe, Kecamatan Sikakap, di kantor BPD Matobe, Kamis (3/6/2021) 

Victor menyebutkan, aparatur pemerintah desa sekarang ini bukan hanya staf desa tapi masuk para kepala Dusun. Perbedaan kepala dusun dengan staf desa, kepala dusun memiliki wilayah sementara staf desa tidak memiliki wilayah, tapi semuanya dibawah naungan Pemdes.

Dari tiga desa di Kecamatan Sikakap yakni Desa Matobe, Desa Sikakap, dan Desa Taikako, dua Desa tahun ini melaksanakan Pilkades serentak yakni Desa Matobe, dan Desa Taikako.

"Kepada aparatur desa yang melaksanakan Pilkades 16 Juni mendatang, sekali lagi saya tegaskan tidak boleh memihak ke salah satu calon kepala desa, kalau ada kedapatan memihak akan ada sangsinya, misalnya kepala dusun A memihak kepada calon kepala desa A, sepandai-pandai kita menyimpan bangkai suatu saat akan tercium juga, seandainya calon kepala desa A tidak terpilih menjadi kepala desa, tentu kepala desa terpilih akan kecewa, bisa jadi kepala dusun A tadi akan diganti, apalagi sekarang ini kepala dusun ditunjuk oleh kepala desa, tapi tetap harus ada rekomendasi dari camat, agar tercipta Pilkades bersih, jujur, dan aman mari kita jaga kenetralan dan jangan memihak kepada salah satu calon kepala desa yang akan dipilih 16 Juni mendatang," tegasnya.

Charles, PLT Kepala Desa Matobe menambahkan, Desa Matobe salah satu desa yang akan melaksanakan Pilkades serentak yang akan dilaksanakan 16 Juni mendatang, untuk itu kepada seluruh aparatur desa Matobe, Kecamatan Sikakap agar menjaga kenetralannya dalam Pilkades.

"Jangan ada aparatur desa Matobe yang memihak kepada salah satu calon kepala desa Matobe, di Desa Matobe ada 5 CT kepala Desa Matobe yang sudah di tetapkan oleh P2KD Matobe, sebab kita tidak ingin ada masalah nanti akibat ketidak netralan aparatur Desa Matobe, kalau mau sosialisasi silahkan sosialisasikan kelima calon kepala Desa Matobe, jangan satu,"katanya.

 

 


BACA JUGA