278 Siswa SMPN1 PUS Mendapat Bantuan PIP

278 Siswa SMPN1 PUS Mendapat Bantuan PIP Gerbang SMPN 1 PUS di Mentawai. (Foto: Supri/Mentawaikita.com)

SIKAKAP--Sebanyak 278  siswa SMPN 1 Pagai Utara Selatan (PUS) mendapat bantuan dana dari Program Indonesia Pintar (PIP).

"Tahap sekarang sebanyak 278 siswa SMPN1 PUS mendapat bantuan Program Indonesia Pintar (PIP), besar dana yang diterima siswa tidak sama, ada yang menerima Rp 375 ribu, ada juga menerima Rp750 ribu, pencairan dana PIP di BRI,” kata Rina Julianti, kepala SMPN 1 PUS, kepada Mentawaikita.com, Kamis (20/5/2021).

Ditambahkan Liberti Simaremare, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan menyebutkan, sebelum pencarian dana PIP terlebih dahulu pihak sekolah mengundang orang tua penerima bantuan PIP untuk sosialisasi tentang dana PIP.

Dalam pencairan dana PIP bisa dilakukan oleh orang tua bersama dengan anak penerima PIP, atau bisa dibantu oleh pihak sekolah, setelah dana PIP cair maka pihak sekolah langsung menyerahkan kepada si anak.

Salah satu syarat penerima bantuan PIP memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP), seleksi penerimaan dana PIP langsung oleh Pusat melalui Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

"Harapan kita kepada orang tua agar dana PIP ini digunakan untuk kepentingan sekolah anak, seperti beli seragam sekolah, alat tulis, sebab sebentar lagi mau masuk tahun ajaran baru," katanya.

Westi (36), orang tua salah seorang siswa penerima PIP mengaku program ini sangat membantu orang tua memenuhi kebutuhan sekolah. "Sebentar lagi mau masuk tahun ajaran baru, dengan adanya dana PIP saya terbantu untuk membeli seragam sekolah, dan peralatan tulis anak saya," ungkapnya.

BACA JUGA