Sekda Mentawai Sidak Kehadiran Pegawai Usai Libur Lebaran, Banyak yang Mangkir Kerja

Sekda Mentawai Sidak Kehadiran Pegawai Usai Libur Lebaran Banyak yang Mangkir Kerja Sekda Mentawai Martinus Dahkan sedang mengecek kehadiran pegawai di Kantor Dinas Dukcapil Mentawai, Selasa (18/05/2021). (Foto: Patrisius/Mentawaikita.com)

TUAPEIJAT-Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai, Martinus Dahlan lakukan inspeksi mendadak (Sidak) terhadap disiplin kehadiran Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Tenaga Kontrak pasca libur Lebaran pada OPD di lingkungan Pemda Mentawai, pada Selasa (18/05/2021).

Sidak dilakukan hampir di semua OPD, mulai dari Kantor Dinas Perhubungan yang berada di Kilometer  0 hingga kantor OPD yang berada di Kilometer 9, Sipora Utara. Ditemukan masih ada ASN dan Pegawai Kontrak yang tidak masuk kerja sejak pertama masuk kerja Senin, (17/05/2021) hingga hari kedua pasca libur lebaran tanpa keterangan.

Sekda mengecek langsung kehadiran pegawai satu per satu melalui absen yang sudah ditandatangani didampingi langsung Kepala BKPSDM Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sermon Sakerebau. Temuan Sekda, seperti di Dinas Kesehatan Mentawai, ada beberapa pegawai yang tidak masuk tanpa keterangan, kemudian ada pegawai kehadirannya dimanipulasi izin tidak masuk atau cuti ditulis menjadi sakit.

Martinus Dahlan berjanji akan memberikan sanksi disiplin bagi ASN yang tidak hadir berdasarkan PP 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS) sedangkan Pegawai Kontrak akan diberi sanksi berupa pemotongan gaji.

Sanksi bagi ASN yang tidak masuk kerja pasca lebaran akan dilakukan pemotongan tunjangan kinerja atau Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP). “Jadi tidak ada lagi hanya cerita sidak, yang tidak hadir ini akan kita kawal sampai di BKD, akan diberi sanksi pemotongan TPP atau bisa tidak dibayarkan, jadi jangan dianggap spele lagi soal ketidakhadiran, kalau tidak sesuai tidak akan dicairkan,” kata Sekda Mentawai, Martinus Dahlan.

Sekda mengatakan penegakan disiplin PNS tidak hanya ketidakhadiran pasca libur Lebaran, tetapi akan menindak lanjuti pegawai yang lama tidak masuk kerja. “Ada beberapa pegawai negeri yang sedang kita proses, kita BAP karena lama tidak masuk kerja, jika berat akan mendapat sanksi paling berat dengan pemecatan,” kata Sekda.

Dia juga akan menegaskan akan mengawal kehadiran pegawai tiap bulannya. “Sidak bukan hanya yang tidak hadir pasca lebaran tetapi akan dilakukan seterusnya tiap bulan, jadi tidak ada lagi alasan karena transportasi, kita sudah menyiapkan dan berkoordinasi terkait dengan angkutan libur lebaran.

“Kapal cepat, Kapal ASDP ada, kemudian kapal antar pulau sudah kita sesuaikan jadwalnya, jadi ada alasan lagi soal transportasi kapal sulit, terkurung, sudah kita kita sesuaikan jadwalnya,” kata Sekda.

Dari beberapa OPD yang pegawainya tidak hadir, hanya OPD Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KP2T) yang pegawainya hadir semua.  “Hanya KP2T yang pegawainya hadir semua,” kata Sermon Sakerebau menambahkan.

Sidak yang dilakukan pada OPD hari ini dibagi dua tim dan didampingi Pol PP Mentawai, Kepala BPKSDM Mentawai para asisten Bupati, Protokoler Sekretariat Daerah.

BACA JUGA