Harus Terapkan Prokes, Aparat Pantau Penyelenggaraan Salat Idul Fitri di Sikakap

Harus Terapkan Prokes Aparat Pantau Penyelenggaraan Salat Idul Fitri di Sikakap Satgas Covid-19 Kecamatan Sikakap dari Puskesmas Sikakap sedang menyemprot cairan disinfektan di Masjid raya Al-Qurgan Sikakap. (Foto: Supri/Mentawaikita.com)

SIKAKAP—Kepolisian Sektor Sikakap bersama TNI, Kamla dan Pol PP menurunkan personil untuk mengawal salat Idul Fitri 1442 yang akan diselenggarakan di sejumlah masjid dan musala di Kecamatan Sikakap Kabupaten Kepulauan Mentawai, Kamis (13/5/2021). Pengawalan dibutuhkan agar pelaksanaan salat mengikuti protocol kesehatan.

Penyelenggaraan salat Idul Fitri diadakan di Masjid Raya Al-furqan Sikakap, Masjid Nurul Hikmah HVA, Masjid Nurul Haq Polaga, Masjid Jabal Nul, dan Musala Nuruh Ihsan Sikakap.

"Agar protokol kesehatan (Prokes) Covid 19 berjalan waktu sholat Idul Fitri Kamis (13/5) Polsek Sikakap, bekerjasama dengan Koramil 04 Sikakap, Kamla Sikakap, dan Satpol PP Sikakap memantau berjalannya salat di setiap masjid dan musala yang digunakan untuk pelaksanaan salat Idul Fitri," kata AKP Tirto Edhi, Kapolsek Sikakap, sekaligus wakil ketua Satgas Covid 19 Kecamatan Sikakap, Rabu (12/5/2021).

Jemaah yang akan ikut salat Idul Fitri diharuskan mencuci tangan sebelum memasuki masjid, memakai masker, dan diukur suhu tubuhnya.

Di setiap masjid dan musala, Polsek Sikakap akan menyiagakan tiga orang sampai empat orang personil, nanti dibantu oleh anggota Koramil 04 Sikakap, dan Satpol PP Sikakap.

"Untuk mengukur suhu tubuh jemaah sholat Idul Fitri nanti akan dilakukan oleh tim kesehatan Puskesmas Sikakap, kepada masyarakat Pagai Utara Selatan (PUS) tetap jalankan protokol kesehatan Covid 19,” tegasnya.

Kapten INF Putra Damanik, Danramil 04 Sikakap, mengatakan, sebelum digunakan untuk kegiatan ibadah salat Idul Fitri, tim Satgas Covid 19 Kecamatan Sikakap menyemprot cairan disinfektan di setiap mesjid dan musala yang digunakan.

"Penyemprotan cairan desinfektan salah satu cara mengatasi penyebaran virus Covid-19, selain itu kita wajib patuhi protokol kesehatan 5 M, supaya kita terhindar dari penyebaran penularan virus Covid 19," jelasnya.

Ucok Marsy, pengurus Masjid Raya Alfurgan Sikakap, mengatakan, pengurus menyediakan sarana cuci tangan lengkap dengan sabun. “Kita pengurus masjid sangat mendukung sekali kegiatan penyemprotan cairan disinfektan yang dilakukan oleh Satgas Covid-19,” katanya.

BACA JUGA