Gempa Kembali Guncang Mentawai, Warga Tuapeijat dan Siberut Berhamburan Keluar Rumah

Gempa Kembali Guncang Mentawai Warga Tuapeijat dan Siberut Berhamburan Keluar Rumah Titik lokasi gempa di Tuapeijat, Sipora Utara, Mentawai pada Rabu (5/5/2021) pagi.

PADANG—Gempa  bermagnitudo 5,7 terjadi di darat jarak 1 Km arah timur Tuapeijat, Mentawai  dengan kedalaman 41 Km, Rabu (5/5/2021) pukul 8.24 WIB. Gempa yang cukup kuat membuat warga di MEntawi terutama di Tuapeijat berhamburan keluar rumah.

Reminiscere Sakeru, seorang warga Tuapeijat mengatakan gempa cukup kencang hingga membuat air bak bergolak dan tumpah keluar. “Warga berhamburan keluar rumah,” katanya kepada Mentawaikita.com sesaat usai gempa berhenti.

Pengakuan sama dikatakan Pinda Tangkas Simanjuntak. “Gempanya cukup kuat sekira 5 detik, namun kami semua aman,” katanya.

Gempa juga mengejutkan warga Sikabaluan Kecamatan Siberut Utara yang sedang beraktifitas pada pagi hari, Rabu (5/5/2021) sekira pukul 08.25 WIB dan terasa cukup kuat dengan gerakan menggoyang.

"Cukup kuat menggoyang," kata Karolina (37) salah seorang warga Sikabaluan pada Mentawaikita.com, Rabu (5/5/2021).

Hal yang sama dirasakan Robertus Suliwa (18) salah seorang pelajar SMPN 1 Siberut Utara. "Terasa kuat. Air didalam galon bergoyang," katanya.

Sementara itu di Dusun Madobag Desa Madobag, gempa juga membuat warga berhamburan keluar rumah. "Gempa pagi ini cukup kuat, kami keluar rumah, awalnya hanya goyangan biasa tidak terlalu kuat namun lama lama gempanya besar, sehingga kami keluar rumah, karena baru kali ini gempa kuat, warga lainnya juga keluar rumah untuk memastikan keadaan," kata Rafael kepada Mentawaikita.com Rabu,(5/5/2021.

Sementara rilis BMKG menyatakan gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik ( thrust fault ).  Meski demikian gempa tidak berpotensi tsunami.

 

BACA JUGA