Harga Cengkeh Turun di Sikakap

Harga Cengkeh Turun di Sikakap Cengkeh sedang dijemur sebelum dijual ke agen penampung. (Foto: Supri/Mentawaikita.com)

SIKAKAP--Jelang Lebaran harga cengkeh kering di pengumpul Desa Sikakap Kabupaten Kepulauan Mentawai turun dari harga Rp90 ribu per kilogram menjadi Rp86 ribu per kilogram.

"Harga cengkeh kering sekarang goyang dari Rp90 ribu per kilogram, turun menjadi Rp88 ribu per kilogram, sekarang turun lagi menjadi Rp86 ribu per kilogram, hal ini disebabkan karena banyak agen pembeli cengkeh di Padang tidak membeli cengkeh kering lagi menjelang lebaran ini," kata Rusman, penampung cengkeh kering di Desa Sikakap, Senin (3/5/2021).

Lebih lanjut Rusman menyebutkan, harga cengkeh cenderung tidak stabil, dari tiga agen tempatnya biasa menjual cengkeh, dua agen tutup dan hanya satu agen yang masih buka.

"Karena harga cengkeh tidak stabil berapa banyak cengkeh yang terkumpul setiap bulan langsung dikirim ke Padang untuk dijual, kemaren Minggu sekitar 5 ton cengkeh kering saya kirim ke Padang," katanya.

Darman (45), petani cengkeh membenarkan harga cengkeh turun. "Sekarang ini belum musim cengkeh lagi, waktu musim cengkeh tahun lalu harga cengkeh kering waktu itu Rp60 ribu per kilogram, berapa banyak cengkeh yang terkumpul langsung saya jual, batang cengkeh di ladang sekarang hanya sekitar 10 batang, harga cengkeh kering sekarang tidak stabil," katanya.

BACA JUGA