Kasus Covid-19 Melonjak, Mentawai Masuk Zona Oranye

Kasus Covid19 Melonjak Mentawai Masuk Zona Oranye Data Indikator Kesmas Kabupaten/Kota di Sumbar. (Foto data: Satgas Covid-19 Sumbar)

SIKAKAP--Berdasarkan perhitungan indikator data omset pada Minggu ke 60 pada Pademi Covid 19 di Provinsi Sumatera Barat oleh Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid 19 terhitung 2 Mei sampai 8 Mei Kabupaten Kepulauan Mentawai masuk dalam zona oranye resiko sedang sama dengan kota Padang.

"Sesuai hasil perhitungan indikator data onset oleh Satgas Percepatan Penanganan Covid 19 Propinsi Sumatera Barat pada Minggu ke 60 Kabupaten Kepulauan Mentawai masuk dalam zona oranye resiko sedang sama dengan Kota Padang,"kata Lahmuddin Siregar, Juru bicara Satgas Percepatan Penanganan Covid 19 sekaligus Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Mentawai, Selasa, 3 Mei.

Lebih lanjut Lahmuddin Siregar, menyebutkan, sesuai data yang dikeluarkan oleh Satgas Percepatan Penanganan Covid 19 Propinsi Sumatera Barat dari 19 Kabupaten Kota yang ada di Propinsi Sumatera Barat yang masuk dalam Zona Oranye Resiko Sedang Covid 19 skor 1,81 sampai 2,40 sebanyak 17 Kabupaten Kota yakni Kabupaten Kepulauan Mentawai Skor 2,39. Kota Padang Skor 2,38. Kota Payakumbuh skor 2,37. Kota Solok skor 2,36. Kota Padang Panjang skor 2,34. Kota Sawah Lunto skor skor 2,31. 

Kabupaten Pasaman Barat skor 2,30. Kota Bukittinggi skor 2,30. Kabupaten 50 Kota skor 2,26. Kabupaten Tanah Datar skor 2,25. Kabupaten Agam skor 2,21. Kabupaten Pesisir Selatan skor 2,20. Kabupaten Solok Selatan skor 2,18. Kabupaten Padang Pariaman  skor 2,17. Kabupaten Pasaman skor 2,06. kabupaten Sijunjung skor 2,06, dan Kabupaten Solok skor 1,96.

Sementara zona kuning resiko rendah dengan skor 2,41 sampai 3,0 dua Kabupaten Kota di Propinsi Sumatera Barat yakni Kota Pariaman skor 2,59, dan Kabupaten Dharmasraya skor 2,47.

Berdasarkan data dari Jasman Rizal , Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika sekaligus juru bicara Satgas Percepatan Penanganan Covid 19 Propinsi Sumatera Barat zona merah Resiko Tinggi skor 0 sampai 1,8 tidak ada, begitu juga zona hijau tidak ada. Semakin tinggi skor semakin baik pengendalian penyebaran Covid 19 di daerah tersebut, Kabupaten Kepulauan Mentawai menduduki skor paling tinggi di zona oranye resiko sedang dengan skor 2,39.

Walaupun begitu menurut Lahmuddin, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai tidak bosan-bosannya mengimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Kepulauan Mentawai untuk tetap patuhi Protokoler kesehatan 5 M seperti Memakai Masker, Mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, Menjaga jarak minimal 1 meter sampai 1, 5 meter, Menjauhi keramaian, Mengurangi keluar rumah kalau tidak perlu.

Sesuai dengan Surat Edaran (SE) Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai nomor 360/150/BUP-2021 tentang syarat masuk Kabupaten Kepulauan Mentawai bagi warga diluar Mentawai wajib Swab PCR atau Rapid Antigen dengan hasil negatif Covid 19. Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai masih membuka swab PCR gratis di jalan Azizi nomor 121 Padang setiap hari. Bagi yang tidak mengantongi surat Swab PCR atau Rapit Antigen dengan hasil negatif maka petugas Satgas Covid 19 akan melakukan swab PCR di pelabuhan atau di Posko Kesehatan.

"Sekali lagi Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai mengimbau kepada seluruh masyarakat Pademi Covid 19 belum berakhir tetap jaga kesehatan, makan-makanan yang sehat seperti sayur-sayuran dan buah-buahan, berjemur di matahari dan olah raga setiap hari supaya imun tubuh meningkat, dan mari ikuti program pemerintah pusat vaksin Covid 19 mulai dari usia 18 tahun keatas,"ungkapnya.

BACA JUGA