3 Balon Kades Saibi Tersingkir

3 Balon Kades Saibi Tersingkir Daftar penetapan calon kepala desa Saibi Samukop (Foto : Patrisius/MentawaiKita)

TUAPEIJAT- Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD) Saibi Samukop telah mengumumkan hasil penelitian dan verifikasi persyaratan pencalonan kepala desa Saibi Samukop, Kecamatan Siberut Tengah, Kabupaten Kepulauan Mentawai melalui rapat pleno P2KD pada Rabu, (28/4/2021). Dari delapan bakal calon yang mendaftar, tiga diantaranya tersingkir karena kalah dalam pembobotan nilai.

Peserta yang mendaftar sebagai bakal calon kepala desa Saibi Samukop 2021-2027 yang diterima P2KD Saibi Samukop ada sebanyak 8 orang. Berdasarkan hasil penelitian dan verifikasi yang dilakukan P2KD Saibi Samukop terhadap persyaratan pencalonan kedelapan orang tersebut dinyatakan memenuhi persyaratan pencalonan.

Delapan orang yang mendaftar sebagai bakal calon Kepala Desa Saibi Samukop yakni Natalis, Rikki Wisam, Agusman, Israel, Tarianus, Binsar Saririkkak, Fernando, Sirman. 

Pada penelitian persyaratan pencalonan kepala desa kemudian P2KD Saibi Samukop melakukan seleksi pada pendidikan formal dan pengalaman kerja untuk mendapatkan 5 orang calon maksimal sebagaimana pembobotan tingkat tertuang dalam Perbup Nomor 3 Tahun 2021 Tentang Tata Cara Dan Penetapan  Calon Kepala Desa Dalam Pilkades Serentak Di Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Hasil dari setelah dilakukannya seleksi pada pendidikan formal dan pengalaman kerja 5 orang yang dinyatakan memenuhi seleksi tambahan tersebut yakni Israel, Tarianus, Binsar Saririkka, Fernando, dan Agusman Sanenek, sementara 3 orang tersingkir pada nilai bobot pada pengalaman kerja tak bisa menyaingi nilai balon lain.

”Setelah kita teliti dan verifikasi pada tahap syarat pencalonan  semuanya memenuhi syarat, kemudian seleksi pada tingkat pendidikan dan pengalaman kerja akan kita tentukan 5 orang calon berdasarkan jumlah nilai bobot pendidikan dan pengalaman kerja,” kata Jolly, Sekretaris P2KD Saibi Samukop pada Kamis, (29/4/2021).

Jolly menjelaskan nilai bobot pada masing-masing calon berpengaruh dimana seleksi tersebut juga sudah tertuang dalam Perbup Nomor 3 Tahun 2021 Tentang Tata Cara Dan Penetapan  Calon Kepala Desa Dalam Pilkades Serentak Di Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Setelah P2KD mengumumkan lima bakal calon kepala desa Saibi Samukop yang memenuhi seleksi pendidikan dan pengalaman kerja, selanjutnya tahapan sanggahan atau keberatan dari masyarakat atau pihak lain terhadap balon yang ditetapkan P2KD. 

Masa pengajuan sanggahan atau keberatan terhadap bakal calon yang ditetapkan P2KDselama 3 hari sejak ditetapkan melalui Pania Pemilihan Daerah (PPD) atau camat untuk kemudian ditembuskan ke P2KD juga terhitung tiga hari, dan penetapan calon kepala desa Saibi Samukop akan diumumkan pada 31 Mei 2021.

“Masih ada proses selanjutnya, jika ada sanggahan atau keberatan dapat diajukan secara tertulis melalui PPD, PPD kemudian menindaklanjuti memastikan kembali terkait syarat pencalonan, jika salah satu syarat calon ternyata tidak dipenuhi akan gugur, misalnya masih terdaftar sebagai anggota partai, atau bekerja di lembaga lain bisa batal,” kata Jolly. 


BACA JUGA