Anggaran Pilkades Tak Cair, P2KD Lanjutkan Verifikasi Balon Kades

Anggaran Pilkades Tak Cair P2KD Lanjutkan Verifikasi Balon Kades Kantor Desa Bojakan (Foto : Bambang/MentawaiKita)

SIKABALUAN—Meski anggaran desa yang terdiri dari ADD (Alokasi Dana Desa) yang bersumber dari APBD Mentawai dan Dana Desa (DD) yang bersumber dari APBN di beberapa desa yang melaksanakan pemilihan kepala desa (kades)secara serentak pada Juni 2021 belum cair karena masih terkendala pertanggungjawaban anggaran 2020, Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD) tetap melaksanakan tahapan verifikasi bakal calon (balon) kades.

Seperti halnya di Desa Simalegi Kecamatan Siberut Barat, salah satu desa yang akan menyelenggarakan pemilihan kepala desa serentak belum memiliki anggaran dalam melaksanakan tahapan yang akan dilakukan oleh tim P2KD  karena anggaran desa belum cair.

"Anggaran desa tahap pertama belum cair, ini dampak dari pertanggungjawaban anggaran 2020,"  kata Handoko, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Simalegi pada Mentawaikita.com, Rabu (28/4/2021).

Temuan BPD pada waktu laporan keterangan pertanggungjawaban kepala desa 2020 terdapat dana Rp694.998.325 yang harus dipertanggungjawabkan. Dari temuan tersebut, pihak kecamatan menindaklanjuti dengan meminta inspektorat melakukan pemeriksaan khusus.

Untuk pelaksanaan pemilihan Kepala Desa Simalegi, BPD mengalokasikan anggaran sebesar Rp115 juta. Dan tahapannya saat ini sedang dalam tahapan verifikasi administrasi bakal calon hingga akhir April 2021. 

"Kalau tidak ada kebijakan yang diambil oleh pemangku kepentingan soal anggaran pemilihan, maka tahapannya cukup sampai pada tahap verifikasi," katanya.

Hal yang sama terjadi di Desa Bojakan Kecamatan Siberut Utara. Ketua P2KD Bojakan, Sandro Sapotuk, mengatakan hingga saat ini anggaran Pilkades Bojakan yang dianggarkan sebesar Rp100 juta belum terealisasi sesuai dengan tahapan yang berlangsung.

"Belum cair anggarannya karena anggaran desa tahap pertama belum cair," katanya.

Sandro mengatakan, dari verifikasi bakal calon yang dilakukan menghasilkan dua calon yang akan maju untuk bertarung pada pemilihan kepala Desa, Juni mendatang diantaranya Tomi Taknampek dan Paulus.

Untuk di Kecamatan Siberut Utara, dari enam desa yang ada dua desa akan menyelenggarakan pemilihan kepala desa, diantaranya Desa Sirilogui dan Desa Bojakan. Di Kecamatab Siberut Barat dari tiga desa, dua desa akan melaksanakan pilkades diantaranya Desa Sigapokna dan Desa Simalegi. 


BACA JUGA