DPC PDIP Mentawai Lantik Pengurus Ranting dan Anak Ranting PUS

DPC PDIP Mentawai Lantik Pengurus Ranting dan Anak Ranting PUS Pengurus DPC PDIP Mentawai berfoto bersama setelah pelantikan pengurus ranting dan anak ranting PDIP PUS. (Foto: Supri/Mentawaikita.com)

SIKAKAP-Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Kepulauan Mentawai Ibrani Sababalat melantik 80 orang perwakilan pengurus Ranting PDI Perjuangan dan Anak Ranting PDI Perjuangan Pagai Utara Selatan (PUS), di aula pertemuan Pastoran Sikakap, Sabtu (24/4/2021).

"Untuk menjalankan protokol kesehatan pengurus Ranting dan Anak Ranting yang dilantik sekarang sebanyak 80 orang, terdiri dari ketua dan sekretaris, Kecamatan Sikakap diwakili 30 orang pengurus, Kecamatan Pagai Utara diwakili 25 orang pengurus, dan Kecamatan Pagai Selatan diwakili 25 orang Pengurus," kata Ibrani Sababalat, Ketua DPC Perjuangan Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Lebih lanjut Ibrani menyebutkan, pengurus ranting tingkat desa di Pagai Utara Selatan terdiri dari 10 desa, satu ranting diwakili oleh dua orang pengurus yakni ketua dan sekretaris, jumlah pengurus ranting yang mewakili pelantikan sekarang sebanyak 20 orang, sementara sisanya 60 orang itu pengurus anak cabang di tingkat dusun.

"Pengurus Ranting dan Anak Ranting PDI Perjuangan yang dilantik sekarang masa jabatannya lima tahun yakni 2019 sampai 2024, semua peserta pelantikan yang hadir wajib patuhi mematuhi protokol kesehatan Covid-19,"katanya.

Jan Winnen Sipayung, Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Sumatera Barat, mengatakan, konsolidasi internal PDI Perjuangan sebuah keharusan untuk memilih dan melantik pengurus ranting partaidi tingkat desa, dan pengurus anak ranting PDI Perjuangan di tingkat dusun.

“Pengurus Ranting PDI Perjuangan, dan Pengurus Anak Ranting PDI Perjuangan merupakan mesin partai yang mengerakkan kader dan masyarakat dalam mementum politik apapun bentuknya, baik itu pemilihan kepala daerah maupun pemilihan legislatif,” katanya.

“Sementara di bidang non politik seperti pemilihan kepala desa, pemilihan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD), pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), partai akan mempersiapkan itu semua, walaupun nanti kader atau pengurus partai yang mencalonkan diri menjadi kepala desa, anggota BPD, dan Pengurus BUMDES harus keluar kepengurusan partai atau kader, secara administrasi akan kita penuhi semuanya, yang penting partai akan menyiapkan kader-kadernya untuk menjadi pemimpin di daerahnya, bukan hanya di tingkat Kabupaten saja,” katanya menambahkan.

Sementara 10 Pengurus PAC PDI Perjuangan di tingkat Kecamatan sudah dilantik oleh Pengurus DPD PDI Perjuangan Provinsi Sumatera Barat. "Karena pelantikan pengurus Ranting PDI Perjuangan dan Pengurus Anak Ranting PDI Perjuangan di masa Pademi Covid 19 maka yang mewakili hanya 80 orang saja, kepada pengurus ranting dan anak ranting PDI Perjuangan yang dilantik pesan kami agar dapat amanah dalam menjalankan tugas, dan menjadi contoh ditengah masyarakat," katanya.

BACA JUGA