Pelayan Publik di Sikabaluan Tak Antusias Ikuti Vaksinasi Covid-19

Pelayan Publik di Sikabaluan Tak Antusias Ikuti Vaksinasi Covid19 Anggota Polsek Sikabaluan mengikuti vaksinasi di kantor Polsek (Foto : Bambang/MentawaiKita)

SIKABALUAN—Pelayan publik di Kecamatan Siberut Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai tidak antusias mengikuti vaksinasi Covid-19 hal ini terbukti dari jumlah vaksin yang terpakai baru setengah dari jumlah keseluruhan yang tiba di Puskesmas Sikabaluan.

Kepala Puskesmas Sikabaluan, Kristiani, mengatakan vaksin sinovac yang diterima Jumat (26/3/2021) sebanyak 300 sementara yang terpakai hingga Rabu (7/4/2021) baru 150 vaksin.

Ia menyebutkan jumlah penerima vaksin tahap kedua masih banyak yang tidak mengikuti baik itu dari kantor pemerintah dan sekolah.

Mengatasi hal itu, Kristiani dan jajarannya mengambil langkah dengan turun langsung ke kantor-kantor pemerintah untuk melakukan vaksinasi pada Rabu (7/4/2021).

"Karena beberapa hari ini tidak ada yang datang sementara vaksin yang kita terima gelombang kedua di puskesmas diperuntukkan untuk pelayan publik maka kita ambil inisiatif untuk turun langsung," kata Kristiani di sela acara vaksinasi di kantor camat Siberut Utara pada Mentawaikita.com, Rabu (7/4/2021) 

Ia mengaku tak mengakui alasan pelayan publik tidak datang mengikuti vaksinasi sementara diwajibkan oleh pihak pemerintah.

"Maka kita ambil inisiatif untuk turun langsung, nantinya ada pengecekan apakah calon vaksinasi bisa diberikan atau tidak dari 14 indikator yang ada," ujarnya.

Vaksinasi secara langsung ke kantor dan sekolah diawali di Kantor Kepolisian Sektor Sikabaluan. Untuk vaksinasi di kantor Kepolisian sektor Sikabaluan, Kapolsek Sikabaluan, Iptu. Jennedi mendampingi langsung pelaksanaannya pada anggota polsek yang belum mengikuti vaksin.

"Kalau seandainya ada anggota polsek yang memang tidak bisa menerima vaksin karena masuk dalam kategori yang tidak boleh secara aturan maka pihak kesehatan mengeluarkan surat keterangan. Namun kalau ada halangan untuk dilakukan penundaan maka ditunda. Selain dari itu harus diikuti," kata Iptu Jennedi saat berkoordinasi dengan tim kesehatan.

Selain di kantor Kepolisian Sektor Sikabaluan, vaksinasi dilakukan di kantor Camat Siberut Utara, SDN 09 Muara Sikabaluan, SMAN 1 Siberut Utara, tokoh masyarakat dan tokoh agama. 


BACA JUGA