Warga Mentawai Dapat Tambahan 800 Vial Vaksin Covid-19

Warga Mentawai Dapat Tambahan 800 Vial Vaksin Covid19 Vaksin Covid-19 yang tiba di Mentawai dikawal oleh pasukan Brimob (Foto : Supri/MentawaiKita)

SIKAKAP—Kabupaten Kepulauan Mentawai mendapatkan tambahan 800 vial vaksin Covid-19 Sinovac tiba pada Senin (5/4/2021). 1 vial vaksin digunakan untuk menyuntikkan vaksin kepada 10 orang 

"Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai sudah menerima empat kali vaksin Covid-19, Senin (5/4/2021) kita mendapatkan penambahan 800 vial vaksin Covid-19 Sinovac,  total vaksin Covid-19 telah diterima Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai sebanyak 13.880 dosis," kata Kepala Dinas Kesehatan sekaligus juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kepulauan Mentawai, Lahmuddin Siregar kepada MentawaiKita.com, Selasa (6/4/2021).

Lahmuddin Siregar, mengatakan 800 vial vaksin yang diterima pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai untuk 8.000 orang. Sasaran vaksin masih kalangan pelayan publik dan lanjut usia (lansia).

Ia menyebutkan vaksinasi sebagai salah satu strategi melengkapi diri dalam penanganan infeksi Covid-19. Selama ini penanganan Covid 19 yang dilakukan dengan cara memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menjaga jarak minimal 1 meter sampai 1, 5 meter, menjauhi keramaian dan mengurangi keluar rumah.

“Dengan vaksinasi Covid-19 tujuannya meningkatkan imun tubuh terhadap Covid-19, vaksinasi dilakukan dua kali kepada penerima suntikan, suntikan kedua 14 hari setelah suntikan pertama. Sementara bagi lansia setelah suntikan pertama, suntikan kedua berjarak 28 hari,” ujarnya.

Ia menyebutkan saat ini tenaga  kesehatan sedang mendata sasaran Vaksinasi Covid-19 di setiap dusun dan desa.

"Terima kasih kepada pemerintah pusat,  pemerintah Provinsi Sumatera Barat, TNI-POLRI dan Satgas Covid 19, terutama sekali kepada Satbrimob Polda Sumatera Barat yang telah mengawal perjalanan vaksin dari Padang sampai ke Kabupaten Kepulauan Mentawai, kepada masyarakat kita selalu mengimbau supaya dapat menyukseskan program pemerintah pusat dalam hal pemberian vaksinasi kepada masyarakat di atas umur 18 tahun untuk pencegahan penularan Covid-19, dengan vaksinasi Covid-19 maka imun tubuh kita akan meningkat, semoga saja virus Covid-19 cepat berakhirnya, penyuntikan vaksin merupakan strategi melengkapi cara penanganan Covid-19," katanya.   


BACA JUGA