Total Warga Mentawai Terinfeksi Covid-19 Sebanyak 525 Orang

Total Warga Mentawai Terinfeksi Covid19 Sebanyak 525 Orang Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Mentawai sekaligus juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kepulauan Mentawai Lahmuddin Siregar (Foto : Patrisius/MentawaiKita)

SIKAKAP—Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Mentawai sekaligus juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kepulauan Mentawai Lahmuddin Siregar menyampaikan sejak Covid-19 mewabah total warga Mentawai yang terinfeksi sebanyak 525 orang. Jumlah tersebut merupakan data terakhir hingga Senin (5/4/2021).

Lahmuddin menyebutkan dari jumlah itu tersisa 21 pasien yang menjalani perawatan di berbagai fasilitas karantina maupun isolasi mandiri.

"Pasien Covid-19 di Mentawai sebanyak 525 sementara yang sudah dinyatakan sembuh sebanyak 504 pasien dengan persentase kesembuhan 96 persen, sementara pasien Covid-19 yang menjalani perawatan di sarana kesehatan yang ada di Kabupaten Kepulauan Mentawai sebanyak 21 pasien," kata Lahmuddin Siregar kepada MentawaiKita.com, Selasa (6/4/2021).

Upaya pencegahan penyebaran virus tersebut terus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai seperti keharusan melakukan swab tes bagi warga dari Padang menuju Mentawai dengan hasil negatif. Fasilitas itu disediakan secara gratis oleh pemerintah di posko di Padang beralamat di jalan Azizi nomor 121 Padang, begitu juga di puskesmas-puskesmas di Mentawai.

Berdasarkan data yang dimiliki oleh Lahmuddin sudah 18.806 warga Mentawai yang telah menjalani tes.

Ia menganjurkan masyarakat untuk memperkuat imun tubuh dengan cara rajin berolahraga dan berjemur.

“Konsumsi makan-makanan sehat seperti sayur-sayuran, dan buah-buahan berupa pisang dan lainnya, patuhi protokoler kesehatan Covid-19 yakin memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menjaga jarak minimal 1 meter sampai 1, 5 meter, jauhi kerumunan, dan kurangi keluar rumah kalau tidak perlu,” ujarnya.


BACA JUGA