Dua Nelayan Taikako Dikabarkan Hilang 4 Hari, Begini Kondisinya

Dua Nelayan Taikako Dikabarkan Hilang 4 Hari Begini Kondisinya Kapal bagan sandar di Pelabuhan Sikakap akibat cuaca buruk (Foto : Supri/MentawaiKita)

SIKAKAP—Dua  orang nelayan asal Desa Taikako, Kecamatan Sikakap, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Espridal (40) dan Pidelis Sundes (30) dikabarkan hilang sejak berangkat melaut pada Kamis (1/4/2021).

Mendapat laporan warganya belum kembali selama 4 hari, Kepala Dusun Muara Taikako Barat, Desa Taikako, Maringan Sababalat melaporkan hal itu kepada Kepolisian Sektor Sikakap sekira pukul 12.00 WIB, Senin (5/4/2021)

Menurut keterangan Wakil Kepala Polsek Sikakap, Ipda Januar dari laporan Maringan Sababalat, kedua nelayan tersebut melaut menggunakan perahu pompong di perairan sekitar Desa Sinaka, Kecamatan Pagai Selatan.

Sejak berangkat dari rumah, keduanya tidak pernah mengabarkan kondisinya, apalagi saat ini kondisi ombak besar disertai angin kencang di Mentawai.

"Sekitar pukul 12.00 WIB, Senin (5/4) Kepala Dusun Muara Taikako Barat Maringan Sababalat datang ke Polsek Sikakap melaporkan ada dua orang warganya yang hilang di laut waktu mencari ikan, setelah mendapat laporan ada dua nelayan Desa Taikako tersebut kami  langsung berkoordinasi dengan Koramil 04 Sikakap, Pos Kamla Sikakap, dan Basarnas di Tuapejat untuk menentukan langkah-langkah selanjutnya," kata Ipda Januar, Waka Polsek Sikakap mewakili Kapolsek Sikakap AKP Tirto Edhi kepada MentawaiKita.com, Senin, (5/4/2021).

Namun sekira pukul 15.00 WIB pada hari yang sama, Maringan Sababalat menyampaikan kembali kepada Polsek Sikakap bahwa dua nelayan yang hilang tersebut sudah sampai di rumahnya dengan selamat.

kedua nelayan asal Desa Taikako itu, kata Ipda Januar, ditemukan oleh kapal bagan dari Surantih, Kabupaten Pesisir Selatan sekira pukul 09.00 WIB, Minggu (4/4) di perairan Dusun Bungo Rayo, Desa Sinaka, Kecamatan Pagai Selatan dalam keadaan terombang ambing 

Melihat hal itu kapal bagan bernama ANF langsung memberikan bantuan dan kedua nelayan asal Desa Taikako tersebut diberi makan dan ransum untuk perjalanan kembali ke kampungnya.

“Setelah diberikan makan dan ransum selama di perjalanan dua nelayan tersebut melanjutkan perjalanan dengan perahu bermesin pompong merek robin dengan diiringi oleh Bagan yang menemuka dua nelayan tersebut,” ujar Ipda Januar.

Senin (5/4) sekitar pukul 15.00 WIB kedua nelayan tersebut sampai dengan selamat di rumahnya di Dusun Muara Taikako Barat.

Setelah mendapat kabar kedua nelayan tersebut telah kembali dengan selamat, Ipda Januar kembali melaporkan hal itu ke Basarnas di Tuapejat bahwa dua nelayan dari Desa Taikako yang hilang tersebut sudah ditemukan dalam keadaan selamat.

“Mendapat informasi tersebut Basarnas Mentawai yang rencananya mau turun ke Desa Sikakap untuk mencari dua nelayan yang hilang tersebut tidak jadi turun,” ujarnya.

Wakapolsek Sikakap mengimbau kepada masyarakat agar selalu waspada terutama sekali nelayan supaya tidak melaut dulu karena cuaca di laut tidak bagus.



BACA JUGA