Aparat Jaga Ketat Rangkaian Ibadah Paskah di Sikakap

Aparat Jaga Ketat Rangkaian Ibadah Paskah di Sikakap Waka Polsek Sikakap Ipda Yanuar memeriksa tas jemaat yang mengikuti ibadah misa Kamis putih di Gereja Katolik Santa Maria Asumta Sikakap, Kamis (1/4/2021) malam. (Foto: Supri/Mentawaikita.com)

SIKAKAP--Sebanyak 20 aparat TNI, Polri dan Satpol PP menjaga ketat pelaksanaan rangkaian ibadah Paskah di Gereja Santa Maria Asumta Sikakap, seperti misa Kamis Putih pada Kamis (1/4/2021) yang dimulai sejak pukul 18.30 WIB hingga 21.00 WIB.

Aparat keamanan memeriksa barang bawaan jemaat sebelum masuk gereja seperti tas. "Menindaklanjuti perintah pimpinan dalam hal ini Kapolri atas kejadian bom bunuh diri di Gereja Katedral Makassar dan penyerangan di Mabes Polri yang diduga dilakukan teroris, maka Kapolsek Sikakap AKP Tirto Edhi memerintahkan saya dan  anggota Polsek Sikakap untuk melakukan keamanan di malam misa Kamis Putih," kata Ipda Yanuar, Waka Polsek Sikakap, Kamis (1/4/2021).

Agar tercipta rasa aman waktu melaksanakan ibadah Misa Kamis Putih di Geraja Santa Maria Asumta Sikakap sebelum masuk ke ruangan gereja Santa Maria Asumta Sikakap semua barang milik seperti tas milik jamaah diperiksa oleh tim gabungan.

Lebih lanjut Ipda Yanuar menyebutkan, meskipun Mentawai berada di wilayah terluar yang jauh dari keramaian namun aparat tidak mau menyepelekan keamanan, pengamanan harus tetap dilakukan untuk memberi rasa aman kepada warga negara Indonesia yang melaksanakan hari besar keagamaan,

Sementara Pastor Wolfram yang memimpin misa menyebutkan, selain memperketat keamanan, gereja juga masih memberlakukan protocol kesehatan dalam ibadah, dengan membatasi jumlah jemaat beribadah di gereja dan membaginya dalam dua sif ibadah.

"Kepada umat Katolik kita mengimbau tetap jalin silaturahmi antar umat beragama, sebab tidak satu agama pun yang melegalkan kekerasan, kita semua bersaudara mari saling menjaga satu sama lain," tuturnya.

BACA JUGA