Mentawai Punya Nilai Strategis untuk Pengembangan Pariwisata Bahari

Mentawai Punya Nilai Strategis untuk Pengembangan Pariwisata Bahari Koordinator Penyerasian Rencana dan Program Pembangunan Daerah Khusus Direktorat Penyusunan Rencana dan Program Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Muh. Jamil Budiono (Foto : Musdika/MentawaiKita)

SINAKA— Koordinator Penyerasian Rencana dan Program Pembangunan Daerah Khusus Direktorat Penyusunan Rencana dan Program Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Muh. Jamil Budiono menyatakan Kepulauan Mentawai mempunyai nilai strategis untuk kepentingan ekonomi yaitu pengembangan pariwisata terutama pariwisata bahari.

“Sudah diteliti oleh para ahli survey dunia bahwa sekitar kawasan Pagai Utara, Pagai Selatan, Sipora dan Siberut merupakan kawasan destinasi surving salah satu terbaik di dunia sehingga kami dari pemerintah pusat rencananya akan membuat rencana aksi pengembangan pariwisata Mentawai sehingga dapat mengakselerasi percepatan pembangunan sekaligus dalam rangka kesejahteraan untuk masyarakat di Kepulauan Mentawai,” kata Jamil Budiono kepada MentawaiKita.com saat berkunjung dalam rangka menginisiasi prakarsa pusat dalam pemekaran Desa di Mentawai, Selasa (30/3/2021)   

Ia menyebutkan di Kepulauan Mentawai itu program-program pemerintah pusat untuk mengembangkan pariwisata itu sudah mulai. 

“Kita sudah membangun resort di Katiet dalam rangka mengakselarasi pengembangan Mentawai khususnya sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional karena keterbatasan dana otomatis bahwa daerah-daerah yang lain menunggu giliran untuk mengintervensi pemberdayaan ekonomi lokalnya,” ujarnya.

Agar membawa dampak ekonomi kepada masyarakat, menurut Jamil Budiono syarat pengembangan pariwisata adalah aksesibilitas yang kuat, amenitas yang memadai kemudian pemberdayaan masyarakat yang kuat dalam rangka menyambut para pariwisata itu.

   


BACA JUGA