Asap Keluar Dari Truk Bermuatan Arang Kelapa, KMP Gambolo Kembali ke Sikakap

Asap Keluar Dari Truk Bermuatan Arang Kelapa KMP Gambolo Kembali ke Sikakap Polisi menjaga truk yang mengeluarkan asap. (Foto: Supri/Mentawaikita.com)

SIKAKAP-Truk dengan nopol mobil BA 9617 GN yang bermuatan arang batok kelapa mengeluarkan asap dari dalam mobil, membuat KMP Gambolo yang sudah berlayar dari Sikakap menuju Padang terpaksa kembali memutar haluan dan kembali ke Sikakap.

Berdasarkan informasi yang dirangkum Mentawaikita.com di lapangan kejadian tersebut terjadi pada pukul 18.30 wib atau sekira satu jam pelayaran dari Sikakap menuju Pelabuhan Bungus Padang.

Truk yang mengeluarkan asap tersebut membuat penumpang yang ada dalam kapal tersebut panik dan bahkan ada yang membatalkan keberangkatannya.

KMP Gambolo sampai di Pelabuhan Sikakap sekira pukul 19.30 WIB, di pelabuhan tersebut satu unit mobil pemadam kebakaran sudah siap dan semua mobil diturunkan untuk memastikan apakah masih ada api atau tidak di mobil tersebut.

"KMP Gambolo berangkat dari Pelabuhan Penyeberangan Kecamatan Sikakap Sekitar pukul 17.30 WIB dengan angkutan mobil sembilan unit terdiri dari delapan unit mobil golongan 5, dan 1 unit mobil golongan 4, sekitar satu jam perjalanan atau sekitar 9 mil perjalanan dari pelabuhan penyeberangan Kecamatan Sikakap tiba-tiba salah satu mobil mengeluarkan asap, mobil tersebut dengan BA 9617 GN, melihat hal tersebut haluan kapal KMP Gambolo semula mengarah ke Padang, langsung saya putar kembali mengarah ke pelabuhan penyeberangan Kecamatan Sikakap, kecepatan kapal langsung dikurangi, semua ABK kapal langsung menyiram mobil tersebut dengan air dan dengan racun api, selama di perjalanan mobil tersebut terus disiram,” kata Wawan Y, Kapten KMP Gambolo, Minggu, 28 Maret.

Lanjut Wawan mobil yang mengeluarkan asap tersebut muatannya arang batok kelapa. Kejadian sekitar pukul 18.30 WIB, untuk memastikan apakah masih ada api atau tidak di dalam mobil tersebut KMP Gambolo berlabuh kembali di Pelabuhan Penyeberangan Kecamatan Sikakap, setelah dinyatakan aman KMP Gambolo kembali kita berangkatkan dari Desa Sikakap tujuan Padang.

"Sebenarnya arang batok kelapa bisa diangkut oleh kapal penumpang asalkan pengemasannya bagus, KMP Gambolo akan tetap kita berangkat setelah kita pastikan muatan mobil tersebut aman," katanya.

Wirid Gunowardoyo, perwira jaga Syahbandar Sikakap mengatakan, sekitar pukul 18.30 WIB dia  mendapat informasi salah satu mobil diatas KMP Gambolo mengeluarkan asap hitam, mendapat informasi tersebut dia minta supaya kapal balik ke pelabuhan penyeberangan Kecamatan Sikakap untuk memastikan apakah betul-betul asap tersebut sudah habis. Asap hitam tersebut berasal dari salah satu mobil yang membawa muatan arang batok kelapa, bisa jadi asap tersebut karena timbulnya api. 

"Supaya tidak terjadi hal ini kembali kedepan kita akan lebih diperketat lagi pengawasan terhadap muatan mobil, supaya tidak terjadi lagi, sebab KMP Gambolo merupakan kapal penumpang yang membawa banyak nyawa manusia, penumpang di atas KMP Gambolo Minggu(28/3) sesuai manifes penumpang sebanyak 50 orang," ungkapnya.

Wiswi Harto (49), pedagang yang pemilik mobil BA 9617 GN yang mengeluarkan asap mengatakan, muatan mobil arang batok kelapa sebanyak 2,6 ton, sebelum berangkat sudah dipastikan tidak apa api yang hidup, dari mana asal api saya juga tidak tahu.

"Untuk menjaga supaya penumpang tidak was-was dalam berlayar semua arang batok kelapa milik saya dengan berat 2,6 ton saya turunkan, arang batok kelapa semuanya sudah basah besok dijemur dulu," katanya.

Pantauan Mentawaikita.com barang batok kelapa milik Wis diamankan di Polsek Sikakap. Sekitar pukul 22.00 WIB KMP Gambolo kembali berangkat dari pelabuhan Sikakap menuju Pelabuhan Bungus Padang.

Lasma, salah satu penumpang mengatakan, terus terang saya trauma terhadap kejadian ini, apalagi saya membawa cucu yang masih bayi. "Melihat kejadian ini saya batalkan untuk berangkat hari ini, apa lagi saya membawa cucu yang masih bayi, tujuan saya adalah pergi ke Medan,"keluhnya.

Arang batok kelapa milik Wis diamankan di Polsek Sikakap. Sekitar pukul 22.00 WIB KMP Gambolo kembali berangkat dari pelabuhan Sikakap menuju Pelabuhan Bungus Padang.


BACA JUGA