Kapal Cepat Layani Rute Antarpulau di Mentawai pada Juli Tahun Ini

Kapal Cepat Layani Rute Antarpulau di Mentawai pada Juli Tahun Ini Kapal cepat MV Mentawai Fast sandar di Pelabuhan Pokai, Kecamatan Siberut Utara (Foto : Gerson/MentawaiKita)

TUAPEIJAT-Kapal cepat untuk layanan penyeberangan antarpulau di wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat direncanakan beroperasi mulai Juli 2021.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kepulauan Mentawai, Tohap Nababan menjelaskan sudah menunjuk perusahaan yang akan beroperasi memberikan angkutan kapal cepat antarpulau di Mentawai.

"Rencana kita akan ada kapal cepat antar pulau sudah kita tunjuk perusahaannya, mereka minta waktu sampai bulan Juli 2021 mempersiapkan jelang beroperasi," kata Tohap melalui pesan elektronik kepada MentawaiKita.com, Jumat, (26/3/2021).

Kapal antarpulau tersebut akan beroperasi setiap Senin ke Tuapeijat menuju Pulau Siberut-Maileppet-Pokai. Akan ada rute Maileppet-Saibi-Sirilogui, kemudian Pokai-Betaet, lalu Maileppet-Peipei-Sagulubbe. Rute wilayah Selatan kapal cepat tersebut akan beroperasi tiap Rabu rute Tuapeijat-Sikakap, kemudian juga ada rute Tuapeijat-Sioban-Sao.

Adanya rencana beroperasinya kapal cepat antarpulau tersebut, jadwal kapal kayu antarpulau akan berlaku semula yakni setiap Selasa, dimana pada jadwal sebelumnya sudah sempat diberlakukan setiap Sabtu.

Sementara kata Tohap, kapal kayu tersebut tetap akan beroperasi untuk mengangkut penumpang juga barang-barang bawaan yang jumlahnya banyak. Untuk harga tiket kapal cepat antar pulau tersebut berkisar Rp175.000 per orang. 


BACA JUGA