Kementerian PUPR Anggarkan Rp19 Miliar Dana Rehabilitasi Renovasi Sekolah di Mentawai

Kementerian PUPR Anggarkan Rp19 Miliar Dana Rehabilitasi Renovasi Sekolah di Mentawai Palang pelaksanaan rehabilitasi dan renovasi yang terpasang di SDN 15 Sikakap (Foto : Supri/MentawaiKita)

SIKAKAP— Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia menganggarkan dana Rp19 miliar untuk rehabilitasi renovasi sarana dan prasarana sekolah di Mentawai. Dana itu akan digunakan merehabilitasi dan merenovasi 5 sekolah di Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Yogi Adri, konsultan pengawas pekerjaan dari CV Sakinah, mengatakan dana Rp19 miliar untuk lima sekolah dasar di Kabupaten Kepulauan Mentawai sumber dananya dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia. 

Yogi menyebutkan ada 2 sekolah di Pagai Utara Selatan yang direhabilitasi dan renovasi yakni SDN 15 Sikakap, Kecamatan Sikakap, dan SDN 11 Pasapuat, Desa Saumanganya, Kecamatan Pagai Utara. Kemudian SDN 17 Tuapeijat di Sipora Utara dan 2 sekolah dasar di Pulau Siberut. Pekerjaan kelima sekolah tersebut dikerjakan kontraktor dari PT Telaga Pasir Kuta dengan lama pekerjaan 240 hari terhitung 26 Januari 2021.

“Satu sekolah itu tidak sama kegiatan kerjanya itu disesuaikan dengan kebutuhan sekolah yang mendapatkan kegiatan rehabilitasi renovasi sarana dan prasarana sekolah di Kabupaten Kepulauan Mentawai,” kata Yogi kepada MentawaiKita.com, Senin (23/3/2021).

Sumber dana Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia, Direktorat Jenderal Cipta Karya Provinsi Sumatera Barat, Balai Prasarana permukiman wilayah Provinsi Sumatera Barat, katanya.

Atoni Zalukhu, menyebutkan kegiatan yang dilakukan di SDN 15 Sikakap yakni rehabilitasi ruangan kelas 4 lokal, dimana ruang kelas empat lokal yang lama diruntuhkan kemudian dibuat bangunan baru berbentuk permanen.

Selain kelas juga membangun 2 unit rumah guru dan pagar keliling sekolah. Semuanya dikerjakan oleh kontraktor PT Telaga Pasir Kuta dengan nomor kontrak 02/HK.02.01/PSP-POP/PPP-SB/2021. Lama  kontrak pekerjaan 240 hari terhitung 26 Januari 2021.

"Dari lima sekolah yang mendapatkan dana rehabilitasi renovasi sarana dan prasarana sekolah di Kabupaten Kepulauan Mentawai salah satunya SDN 15 Sikakap, Kecamatan Sikakap," kata Kepala SDN 15 Sikakap, Atoni Zalukhu kepada MentawaiKita.com, Senin (22/3/2021).

Saya berharap kepada masyarakat supaya dapat mendukung setiap pekerjaan yang dilakukan oleh pemerintah, sebab ini merupakan awal sekolah dilirik pembangunan oleh pusat.

“Kalau pekerjaan ini berjalan lancar saya yakin ada kegiatan fisik selanjutnya yang akan dikerjakan dengan sumber dana dari pusat," katanya.

Koordinator Dinas Pendidikan Kecamatan Sikakap, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Salbator Sakoikoi, mengatakan dana ini merupakan berkah untuk SDN 15 Sikakap. “Mari kita manfaatkan semaksimal mungkin supaya pekerjaan sesuai dengan apa yang diharapkan. Kepada masyarakat mari kita dukung setiap pekerjaan yang dilaksanakan oleh pemerintah sebab setiap pekerjaan itu gunanya untuk masyarakat dan generasi penerus kita nanti," ucapnya.


BACA JUGA