Pinang Kering Naik Rp14 Ribu Per Kilogram di Desa Sikakap 

Pinang Kering Naik Rp14 Ribu Per Kilogram di Desa Sikakap  Warga sedang menjemur pinang. (Foto: Supri/Mentawaikita.com)

SIKAKAP-Masa Pademi Covid-19 tidak berpengaruh terhadap harga pinang kering di Sikakap, Kabupaten Kepulauan Mentawai, untuk saat ini harga pinang di daerah tersebut senilai Rp14 ribu per kilogram dimana awalnya harga per kilogram Rp9.000.

Menurut H. Rusli, penampung pinang kering di Desa Sikakap, tahun 2021 sudah dua kali naik harga pinang kering, awalnya Rp7000 per kilogram naik menjadi Rp9000 per kilogram, sekarang naik lagi menjadi Rp14 ribu per kilogram. 

“Walaupun harga pinang sekarang sudah mulai beranjak naik, tapi pinang kering sudah mulai kurang, saya saja bisanya bisa mengirim pinang kering ke Padang diatas satu ton dalam dua Minggu, kemarin Rabu (3/3/) saya hanya bisa mengirim pinang kering sebanyak 700 kilogram itu dikumpulkan satu bulan, biasanya dalam satu hari bisa membeli pinang sebanyak 30 kilogram bahkan lebih sekarang satu hari itu paling banyak 10 kilogram,"katanya, kepada Mentawaikita.com, Jumat (5/3/2021) 

Haradet Sababalat, petani pinang mengungkapkan pinang yang sudah siap panen sekarang sekitar 30 batang, dari 30 batang tersebut dalam dua Minggu dapat satu karung pinang kering dengan berat 20 kilogram.

"Terakhir saya jual 20 kilogram pinang kering dengan harga Rp10 ribu per kilogram, sekarang informasi harga pinang kering sudah naik lagi menjadi Rp14 ribu per kilogram, sekarang ini saya sudah menanam pinang di ladang sekitar 100 batang dengan umur pinang tersebut sudah 1 tahun, pinang mulai berbuah pada umur 3 tahun, lumayan tambah-tambah belanja dapur dari hasil jual pinang,"katanya.

Sementara Camat Sikakap, Victor menjelaskan pinang merupakan salah satu tanaman yang banyak ditanam oleh warga Kecamatan Sikakap. Dalam merawat batang pinang tidak sulit tidak sama dengan merawat pohon kakao, pohon pinang setelah ditanam tinggal membersihkan rumput disekitar batang pinang saja.

“Kalau menanam pinang yang bagus, supaya buahnya banyak jangan terlalu rapat, jarak satu pinang dengan pinang lainnya sekira 3 meter, dengan jarak begini maka buah pinang akan banyak buah, kalau dibandingkan dengan jarak 1 meter. Menanam pinang jarak satu meter dengan pinang lainnya berpengaruh terhadap buah pinang, biasanya kalau jarak tanam satu meter dengan pinang lainnya batang pinang cenderung tinggi tapi buahnya sedikit,” ungkapnya.


BACA JUGA