Pisang Milik Mantan Kapus Selalu Berbuah Aneh 

Pisang Milik Mantan Kapus Selalu Berbuah Aneh  Pisang milik Marinus yang berbua kembar. (Foto: ist)

TUAPEIJAT-Sejak ditanam sejak tahun 2019 pisang milik Marinus Bakkatkunen mantan Kepala Puskesmas Muara Siberut selalu berbuah aneh, mulai bertandan dua dalam satu batang, sampai satu tandan bercabang dua dan bahkan sekarang sudah muncul lagi satu batang dua jantung pisang.

“Saya menanam pisang ini sejak 2019 bulan Januari di belakang rumah saya di Dusun Turonia, Desa Tuapeijat, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Kemudian saya pindah ke Siberut menjadi Kepala Puskesmas disana pada Agustus tahun 2020 pisang itu berbuah aneh, itu awalnya, dimana satu tandan itu ada dua jantung pisang. Itu pertama kali saya alami dan pisang itu sudah kami panen,” tutur Marinus, Sabtu (27/2/2021)

Kemudian pada Desember 2020 muncul lagi buah pisang aneh ini, kali ini satu tandan itu ada dua cabang tandan semua cabang tandannya berbuah. “Ini ada lagi mau kita panen beberapa minggu lagi, satu tandan itu ada dua cabang tandan dan semuanya berbuah dan ukurannya sama besar,” tuturnya. 

Masih satu rumpun pisang yang sama, ada lagi yang mau berbuah satu batang dua tandan kali ini tandan dan jantungnya berpisah satu bagian belakang satu lagi bagian depan. “Satu bagian belakang itu jantung pisangnya lebih besar dibanding bagian depan. Mungkin besok dia akan lebih jelas karena ini baru mulai,” jelasnya.

Marinus menerangkan pisang ini diambil dari desa tetangga yang tidak jauh dari tempatnya, bibit pisang ini dari induknya itu kalau berbuah selalu kembar, jadi makanya pisang sama dia ikut kembar. “Karena sering berbuah kembar banyak warga yang datang ketempat saya meminta bibitnya berupa tunas baru untuk mereka tanam di rumahnya, kita kasih saja sama warga yang meminta kalau sudah tidak ada lagi tentu untuk kita sendiri dulu sampai muncul tunas yang baru dibawa batangnya,” ujarnya.

 


BACA JUGA