Siswa Belajar di Teras, Ini Kata DPRD Mentawai

Siswa Belajar di Teras Ini Kata DPRD Mentawai Siswa SD Negeri 08 Sagulubbek belajar diteras lantaran tidak punya ruang belajar. (Foto: ist)

PADANG-Siswa yang belajar di teras SDN 08 Sagulubbek, Kecamatan Siberut Barat Daya, Kabupaten Kepulauan, mendapat tanggapan dari anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Mentawai, Stevanus Victorianus Sabaggelet yang juga putra kelahiran Sagulubbek dari Partai Perindo.

Menurutnya siswa yang belajar di teras tersebut memang benar karena keterbatasan ruang belajar, namun gedung sekolah tersebut sebenarnya berada di areal SMPN 2 Siberut Barat Daya. “Kita sudah melihat disana, gedung SD tersebut berada di wilayah SMPN 2 Siberut Barat Daya, sehingga pengembangan sekolah tidak bisa dilakukan,” terangnya kepada Mentawaikita.com, Kamis (18/2/2021)

Meski demikian, kata Stevanus dia sudah membicarakan itu kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Mentawai, solusi yang diambil gedung SD 08 tersebut akan dipindahkan ke areal evakuasi yang baru.

“Kita minta kepada pak Kadis, kalau bisa tahun ini segera dibangun lewat anggaran perubahan karena ini kan darurat, tapi kalau tidak bisa berarti tahun 2022 memakai APBD murni. Lokasi gedung SD yang baru tersebut rencananya dekat dengan Puskesmas yang segera dibangun,” jelasnya.

Seperti berita sebelumnya siswa SD Negeri 08 Sagulubbek dari kelas 2,3 dan 5 terpaksa belajar di teras sekolah lantaran ruang belajar masih kurang.siswa yang belajar tersebut memakai atap  terpal dan sebagian lagi daun sagu.

Sebelumnya sebagian siswa tersebut belajar di gedung SMP yang satu komplek dengan sekolah tersebut, tapi pada Juli 2020 siswa terpaksa belajar di teras sekolah lantaran gedung belajar yang dipakai diminta pihak SMP karena makin bertambahnya siswa yang masuk.

Seluruh siswa SD 08 Sagulubbek itu jumlahnya ada 117 orang, untuk siswa yang belajar di teras itu kelas 2 sebanyak 21 orang, kelas 3 ada 13 orang dan kelas 5 ada 20 orang, selebihnya kelas 1, 4 dan 6 belajar dalam ruang. 

BACA JUGA