77 Siswa SMAN 1 Pagai Selatan Mendapat Bantuan PIP dari Kemendikbud

77 Siswa SMAN 1 Pagai Selatan Mendapat Bantuan PIP dari Kemendikbud Kepala SMA 1 Pagai Selatan Aziz Prima Syahrial menyerahkan bantuan kepada siswa. (Ist)

SIKAKAP-Sebanyak 77 siswa SMAN 1 Pagai Selatan, Kecamatan Pagai Selatan menerima bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Dana PIP langsung ditransfer ke rekening siswa di Bank Negara Indonesia (BNI), besar dana PIP yang diterima siswa kelas X Rp500 ribu pertahun, kelas XI dan kelas XII Rp1 juta pertahun. "Dana PIP yang dicairkan sekarang untuk 77 orang siswa SMAN 1 Pagai Selatan, besar dana yang diterima siswa kelas X Rp500 ribu pertahun, kelas XI dan XII Rp1 juta, dana tersebut langsung masuk ke rekening siswa di BNI,"kata Aziz Prima Syahrial, Kepala SMAN 1 Pagai Selatan, Kamis (11/2/2020)

Lebih lanjut Aziz menyebutkan, syarat siswa yang diusulkan penerima dana PIP keluarga siswa yang diusulkan itu harus memiliki salah satu kartu yakni memiliki kartu Program Keluarga Penerima (PKH), Kartu Indonesia Sehat (KIS), dan Kartu Indonesia Pintar (KIP). Dana PIP yang dibagikan sekarang tahun ajaran 2019/2021 dan tahun ajaran 2020/2021.

Tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 160 siswa SMAN 1 Pagai Selatan yang diusulkan untuk menerima bantuan PIP tapi yang keluar sebanyak 47 siswa. Sementara tahun ajaran 2020/2020 dari 170 siswa yang kita usulkan yang keluar hanya 30 siswa.

Verifikasi siapa siswa yang dapat atau tidak dapat bantuan PIP langsung dilakukan oleh Kemendikbud melalui Surat Keputusan (SK) Kemendikbud, berdasarkan SK tersebut dana PIP bisa dicairkan di BNI.

Pencairan dana PIP bisa langsung oleh siswa sebab dana PIP langsung masuk ke rekening siswa atau bisa diwakilkan kepada pihak sekolah melalui surat kuasa yang diberikan oleh siswa kepada pihak sekolah.

"Imbauan kita dari pihak sekolah kepada siswa yang mendapatkan bantuan PIP supaya mengunakan dana tersebut untuk kepentingan sekolah seperti beli buku, pena, seragam sekolah, sepatu dan lainnya, apa lagi sekarang ini masa pandemi Covid 19 sangat besar sekali pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat,” terangnya.

Sekarang ini SMAN 1 Pagai Selatan kelas X dan Kelas XI masih belajar jarak jauh, sementara kelas XII belajar tatap muka, dengan sistem belajar dua sip. Sip satu masuk pukul 7.30-9.30 WIB dan sip kedua masuk pukul 9.30 sampai 12.00 WIB.

Sementara SMAN 1 Pagai Selatan sedang mengusulkan belajar tatap muka untuk kelas X dan kelas XI, SMAN 1 Pagai Selatan sudah melengkapi sembilan syarat yang diminta dalam Surat Edaran (SE) Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai nomor 420/1/BUP-2021 tentang penyelenggaraan Pembelajaran pada satuan pendidikan semester genap tahun ajaran 2020/2021 di Kabupaten Kepulauan Mentawai.

“Sekarang ini SMAN 1 Pagai Selatan lagi menunggu rekomendasi dari Dinas Pendidikan Kabupaten Kepulauan Mentawai, dalam SE Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai nomor 420/1/BUP-2021 syarat utama semua guru SMAN 1 Pagai Selatan sudah melakukan swab dengan hasil negatif," jelasnya.

BACA JUGA