Update Covid Sabtu (23/1/2021): Kasus Positif Bertambah 12 Orang, Mayoritas Pelajar

Update Covid Sabtu 2312021 Kasus Positif Bertambah 12 Orang Mayoritas Pelajar Ilustrasi: Pixabay.com

SIKAKAP--Pasien positif Covid-19 di Mentawai hari ini, Sabtu (23/1/2021) bertambah 12 orang berdasarkan hasil pemeriksaan RT-PCR atau swab Laboratorium Diagnostik Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Unand Padang. Dari 12 pasien Covid-19 tersebut tujuh diiantaranya pelajar SMAN 2 Sipora Utara. Total kasus Covid-19 di Mentawai menjadi 372 orang.

"Hari ini Sabtu (23/1/2021) ada penambahan 12 orang terinfeksi Covid-19 di Kabupaten Kepulauan Mentawai, tujuh orang diantaranya merupakan siswa SMAN 2 Sipora Utara, satu ibu rumah tangga, satu orang guru SMPN 1 PUS, satu orang staf desa dan dua pegawai harian RSUD Mentawai,” kata Lahmuddin Siregar, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Mentawai sekaligus juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sabtu (23/1/2021).

Untuk memutus penyebaran kasus Covid-19 di Mentawai, Lahmuddin mengimbau warga Mentawai terutama yang baru saja melakukan perjalanan dari Padang dan sekitarnya dan hendak pulang ke Mentawai, melakukan tes swab PCR untuk mengetahui apakah terinfeksi Covid-19 atau tidak.

“Warga yang ingin melakukan perjalanan ke Mentawai agar mematuhi Surat Edaran (SE) Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai tentang wajib swab dengan hasil negatif bagi pelaku perjalanan dari daerah terjangkit yang masuk Kabupaten Kepulauan Mentawai,” jelas Lahmuddin.

Untuk mendukung SE Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai tersebut Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai membuka posko swab gratis di Kantor Penghubung Pemda Mentawai di Jalan Azizi, Padang.

Suratmi, Kepala Puskesmas Sikakap kepada Mentawaikita.com, Sabtu (23/1/2021)mengatakan, ada penambahan satu orang terinfeksi Covid-19 di wilayah Sikakap, tim kesehatan Puskesmas Sikakap bagian Covid-19 yang dipimpin dokter Laila sudah datang ke sana.

Sementara dr.Laila, penanggung jawab pasien Covid-19 Puskesmas Sikakap, mengatakan pasien tersebut tidak menunjukkan ada gejala seperti flu, batuk, demam, atau sesak napas, melihat pasien terinfeksi Covid 19 tidak menunjukkan ada gejala sama sekali atau disebut Orang Tanpa Gejala (OTG), pasien minta isolasi mandiri di rumah, serta pasien tersebut berjanji tidak akan keluar rumah sampai hasil swab berikutnya negatif.

“Sebagai pegangan bagi kita pihak Puskesmas Sikakap pasien terinfeksi Covid-19 membuat surat perjanjian tidak akan keluar rumah sampai hasil swab negatif, kalau dia melanggar perjanjian maka akan kita jemput dan isolasi di Puskesmas Sikakap, sekarang ini ada tiga orang pasien terinfeksi Covid 19 di Desa Sikakap melakukan isolasi mandiri dirumah," katanya.

BACA JUGA