Pembangunan Rumah Sakit Pratama Siberut Selatan Dilanjutkan Dengan Anggaran Rp7,7 Miliar

Pembangunan Rumah Sakit Pratama Siberut Selatan Dilanjutkan Dengan Anggaran Rp77 Miliar Lanjutan pembangunan RS Pratama di Siberut Selatan. (Foto: Hendrikus/Mentawaikita.com)

MAILEPPET- Kelanjutan pembangunan rumah sakit pratama di Kecamatan Siberut Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai dilanjutkan dengan anggaran senilai Rp7,7,miliar berasal dari APBD Mentawai tahun 2020 dengan Kontraktor pelaksana Putra Kubo Kontruksi.

"Pembangunan kelanjutan rumah sakit pratama sudah dimulai sejak Agustus 2020,sampai Januari 2021 dan targetnya akan selesai pada Februari tahun ini, untuk fisiknya sudah berjalan 60 persen, dalam bentuk bangunan berupa drainase, turap, ruang genset, dan inap jalan. Saat ini kami sedang bekerja,” kata Manajer lapangan PT.Kubo Putra Kontruksi Tomson Hutabarat Kepada Mentawaikita.com, Kamis,(21/1/2021).

Untuk kendala secara teknis lapangan hanya hujan bencana, semua material yang digunakan material Padang, menjadi kendala lain juga ada anggota tukang kena covid-19 karena rumah sakit pratama digunakan untuk merawat pasien covid-19 makanya tertular virus corana. “Selain itu terkadang minyak solar langka di Siberut, makanya kalau tidak ada minyak kita terkendala untuk bekerja,” katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Mentawai Lahmuddin Siregar mengatakan, anggaran kelanjutan pembangunan rumah sakit pratama senilai Rp7,7 miliar, sampai saat ini masih pembenahan dan kemungkinan akhir tahun ini pratama akan dipakai. Namun untuk saat ini pratama digunakan untuk isolasi pasien covid-19, lampu PLN juga belum masuk di rumah sakit itu, sudah diusulkan tahun 2020 lalu namun belum ada respon. “Untuk sementara penerangan menggunakan mesin genset,” katanya.

"Rumah sakit pratama akan dibangun secara bertahap sesuai dengan anggaran,untuk kelanjutan saat ini mereka sedang bekerja,dan pembangun sebelumnya sudah dimulai sejak 2020 lalu sampai tahun ini," kata Lahmuddin.


BACA JUGA