Vaksinasi Covid-19 di Mentawai Akan Dimulai Februari 2021

Vaksinasi Covid19 di Mentawai Akan Dimulai Februari 2021 Ilustrasi jarum suntik. (Foto: Pixabay.com)

TUAPEIJAT-Penyuntikan vaksin Covid-19 di Kabupaten Kepulauan Mentawai akan dilakukan pada Februari 2021 mendatang. Rencana itu disampaikan langsung Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Mentawai, Lahmuddin Siregar, Mentawai sekaligus Juru Bicara Perkembangan Pencegahan Penyebaran Covid-19 (Corona Disease-19) pada Kamis, (21/1/2021).

“Kita masuk gelombang pertama termin kedua, untuk Kota Padang dan Kabupaten Pessel masih dilakukan vaksinasi, kita rencananya bulan Februari 2021, tanggalnya belum bisa dipastikan paling minggu kedua Februari,” kata Lahmuddin ditemui di kantornya.

Untuk penyuntikan vaksin Covid-19, kata Lahmuddin masih dipersiapkan perangkat medis atau tenaga kesehatan. “ Tentu menunggu itu kita persiapkan semua, kita pastikan dulu vaksin, kita siapkan perangkat kita untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat dibantu oleh aparat untuk bisa melakukan pendekatan kepada masyarakat dimana banyak asumsi masyarakat yang masih bingung, rencana sosialisasi itu awal Februari 2021,” ucap Lahmuddin.

Rencananya pertama yang akan divaksin adalah kepala daerah kemudian pimpinan instansi vertikal atau Forkopimda kemudian tokoh publik yang akan dipersiapkan 10 orang pertama, tenaga kesehatan akan menyiapkan daftar sebelum dilakukan penyuntikan vaksin.

“Sebelum divaksin kita lakukan pengecekan pada penerima tidak ada penyakit penyerta seperti ginjal, diabetes, asma, hipertensi, yang mengalami penyakit jantung, tentu atas rekomendasi dokter dulu, yang diujikan sekarang itu untuk orang sehat yang menerima ini, kalau untuk orang sakit harus mencari relawan itulah uji klinis,” kata Lahmuddin.

Jika kemudian vaksin ini aman diberikan kepada orang yang memiliki penyakit jantung, hipertensi dan penyakit lain tentu akan kita suntikan vaksin. Penyuntikan vaksin itu akan dilaksanakan di setiap puskesmas dengan berpedoman pada data dari Disdukcapil. “Rencana awal ini kita fokus pada pendataan dulu,” ucap Lahmuddin.

BACA JUGA