Masa Pandemi Covid-19, Warga Matobe Perkuat Ketahanan Pangan Lokal

Masa Pandemi Covid19 Warga Matobe Perkuat Ketahanan Pangan Lokal Herni Salamanang (50), warga Desa Matobe, Kecamatan Sikakap sedang membersihkan ladang keladi rawa atau gettek miliknya. (Foto: Supri/Mentawaikita.com)

SIKAKAP--Warga Desa Matobe Kecamatan Sikakap Kabupaten Kepulauan Mentawai memperkuat ketahanan pangan keluarga dengan menanam gettek atau keladi di lahan rawa. Selain itu warga juga tengah giat menanam pisang, pinang, kelapa dan jengkol.

"Sesuai data Desember 2020, jumlah warga Matobe ada 2.027 jiwa atau 556 kk, di masa pandemi Covid-19 ini warga lagi giat-giatnya menanam pangan lokal terutama sekali keladi rawa atau disebut masyarakat di sini keladi gettek," kata Charles Saleleubaja, sekretaris Desa Matobe, Kamis, 21 Januari 2021.

Pandemi Covid-19 ini menurut Charles mendorong warga beramai-ramai turun ke ladang menanam berbagai tanaman yang bernilai ekonomi maupun pangan. "Keladi rawa atau keladi gettek merupakan makanan pokok warga Desa Matobe, sebab kalau tidak ada keladi gettek waktu makan rasanya makan itu tidak lengkap, walaupun ada nasi," katanya.

Kerubinus (58), Kepala Dusun Bubuakat mengatakan, warga dusunnya banyak menanam gettek, rata-rata tiap kk memiliki minimal ladang gettek 30 x 30 meter persegi, ladang ini menjadi sumber makanan pokok keluarga.

"Saya sendiri memiliki ladang keladi rawa, sebelum makan nasi terlebih dulu saya makan keladi yang sudah direbus atau diolah menjadi subet, subet itu keladi rebus yang ditumbuk, lalu dicampur kelapa yang sudah diparut, subet bisa dicampur dengan pisang, bisa hanya keladi dan kelapa saja, konsumsi keladi rawa banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan terutama sekali bisa untuk obat penyakit gula," katanya. 

Sementara Herni Salamanang (50), warga Desa Matobe mengatakan, gettek adalah pangan lokal warga Matobe yang sudah dikonsumsi secara turun temurun. Herni yang juga memiliki ladang gettek mengatakan, merawat gettek tidak begitu sulit. “Setelah ditanam ladang cukup dibersihkan dari rumput di sekitarnya, jika lahannya bersih maka gettek akan tumbuh besar,” kata Herni.

 

BACA JUGA