226 Kontak Erat Pasien Positif di Siberut Swab Hari Ini

226 Kontak Erat Pasien Positif di Siberut Swab Hari Ini Swab guru guru Di SMAN 1 Siberut Selatan. (Foto: Hendrikus/Mentawaikita.com)

MUARA SIBERUT-Berdasarkan hasil pemeriksaan swab di laboratorium diagnosis penyakit infeksi Fakultas Kedokteran Unand Padang Senin (18/1/2021) terjadi penambahan 9 pasien t positif covid-19 di Kecamatan Siberut Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai, sebanyak 226 yang pernah kontak erat dengan pasien positif di swab di SMAN 1 Siberut Selatan dan SMA Lentera.

"Hari ini ada sebanyak 226 guru-guru khususnya yang kontak erat dengan pasien positif di kecamatan Siberut Selatan telah diswab, guna memutuskan rantai penularan covid-19 dan mengurangi penyebaran di kalangan masyarakat, guru-guru yang diswab SMAN 1 Siberut Selatan berjumlah 224 orang, dan SMA lentera sebanyak 2 orang,"kata Kepala Puskesmas Muara Siberut Nurhidayah Kepada Mentawaikita.com, Senin (18/1/2021)

Tes swab ini dilakukan oleh Tim Puskesmas Muara Siberut dengan menggunakan APD lengkap dan mengikuti protokol kesehatan saat melakukan swab kepada guru-guru. "Bagi guru guru yang kontak erat, khususnya yang di swab tersebut ketika di rumah tetap mengikuti 3 M, dan tak boleh keluar rumah, juga tak boleh kontak dengan orang lain,kalau ada rumah bertingkat asing diri di rumah tingkat itu agar sebelum hasil swab keluar dan hasilnya negatif. Agar penyebaran covid-19 tak bertambah. Sebenarnya untuk mengontrol di lapangan itu ada Tim Satgas Kecamatan sebagai garda terdepan, kami hanya kalau ada pasien kita rawat," kata Nurhidayah.

Upaya lain kami pihak Puskesmas Muara Siberut setiap hari akan melakukan penyuluhan secara mobile di jalan menggunakan mobil yang dimulai dari Puro, Muara Siberut, Muntei, dan Maileppet agar masyarakat tahu perkembangan dan mentaati protokol 3 M,tidak hanya itu pihak Puskesmas juga akan memasang spanduk setiap pasar dan tempat ramai, sebab saat ini tingkat positif makin meningkat dan harus kerja keras. 

“Untuk memutus rantai penyebaran covid-19 bagi masyarakat diimbau tetap ikuti protokol kesehatan 3M, jangan menganggap sepele, sehingga tak ada peningkatan pasien covid-19 bertambah,”katanya.

Sekretaris Satgas Kecamatan Siberut Selatan Yustinus mengatakan, selama ini untuk penanganan covid-19 khususnya yang positif ditangani oleh tim medis bidang covid-19. “Bagi pasien yang kontak erat dengan pasien positif harus dilakukan swab untuk memastikan kesehatannya,” katanya. 


BACA JUGA