73 Guru Serta Tenaga Pendidik Lakukan Swab Test Di Puskesmas Sikakap

73 Guru Serta Tenaga Pendidik Lakukan Swab Test Di Puskesmas Sikakap Kepala SDN 01 Sikakap Silviana Evi Vitriani sedang tes swab di Puskesmas Sikakap. (Foto: Supri/Mentawaikita.com)

SIKAKAP-Antusias laksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di semester genap tahun ajaran 2020/2021 sebanyak 73 guru dan tenaga kependidikan di Kecamatan Sikakap lakukan swab test di Puskesmas Sikakap.

"Kami dari majelis guru dan tenaga kependidikan SDN 01 Sikakap sangat antusias sekali laksanakan PTM pada semester genap tahun ajaran 2020/2021, bentuk antusias kami sesuai dengan Surat Edaran (SE) Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai nomor 420/1/BUP-2021 ada tujuh poin yang harus di penuhi oleh sekolah kalau ingin melakukan PTM, di poin pertama semua guru dan tenaga kependidikan wajib melakukan swab test baik yang pulang dari Padang maupun tidak pulang dari Padang, sekarang ini 13 guru dan tenaga kependidikan SDN 01 Sikakap sudah melakukan swab test di Puskesmas Sikakap, sekarang menunggu hasilnya keluar,"kata Silviana Evi Vitriani, Kepala SDN 01 Sikakap, Senin (11/1/2021).

Lebih lanjut ia menyebutkan, jumlah guru dan tenaga kependidikan SDN 01 Sikakap sebanyak 14 orang satu orang sekarang masih berada di Padang, kalau yang di Padang akan melakukan swab test di jalan Azizi Padang, sebab syarat masuk Kabupaten Kepulauan Mentawai itu wajib swab test dengan hasil negatif.

"Saya saja sudah lima kali melakukan swab Test, tiga kali di Sikakap dan dua kali di Padang di jalan Azizi 121 Andalas Padang, sekarang ini SDN 01 Sikakap lagi menyiapkan tujuh poin yang tertuang dalam SE Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai nomor 420/1/BUP-2021, sebelum PTM sekolah juga meminta ijin dari orang tua atau wali murid nanti dituangkan dalam bentuk peryataan tertulis dari orang tua atau wali murid, sekarang ini siswa masih Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ),"ungkapnya.

Pusrialdi, Kepala SDN 17 Taikako mengatakan, sebelum melakukan tatap muka ada tujuh poin yang harus di lengkapi oleh sekolah sesuai dengan SE Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai, jumlah guru dan tenaga kependidikan SDN 17 Taikako sebanyak 12 orang, PNS enam orang, kontrak empat orang dan honorer dua orang.

Tujuh poin tersebut yakni poin pertama memastikan seluruh guru dan tenaga kependidikan, baik yang tidak liburan maupun yang baru kembali dari luar daerah, telah dinyatakan bebas Covid-19 berdasarkan hasil uji PCR (Swab Test).

Poin kedua menyediakan tempat cuci tangan dengan air mengalir dan sabun di depan setiap ruangan kelas. Poin tiga memastikan tempat duduk siswa telah disusun dengan jarak antar siswa paling kurang 1 meter. Poin empat memastikan jumlah tempat duduk siswa dalam satu kelas tidak melebihi 50 persen dari jumlah kapasitas ruangan. Poin lima menyediakan alat semprot dan cairan disinfektan pada setiap ruangan kelas dan ruangan guru. Poin enam menyediakan alat dan petugas pengukur suhu tubuh disetiap pintu masuk lingkungan satuan pendidikan, dan poin tujuh menyediakan informasi dalam bentuk spanduk didepan pintu masuk dan dilingkungan satuan pendidikan yang berisikan kewajiban memantuhi protokol Kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak (3M) bagi guru, siswa dan tenaga kependidikan serta orang tua selama berada dilingkungan satuan pendidikan.

"Sekarang ini SDN 17 Taikako lagi menyiapkan protokol kesehatan,kalau alat ukur suhu tubuh SDN 17 Taikako sudah punya, alat cuci tangan juga sudah ada tapi akan di setiap ruangan, sekarang ini kita mendaftarkan seluruh guru dan tenaga kependidikan untuk melakukan swab di Puskesmas Sikakap, sejak 4 Januari sekolah sudah dibuka, dan guru-guru diwajibkan hadir kesekolah, sementara siswa masih belajar jarak jauh, siswa datang ke sekolah itu mengambil tugas dan menanyakan informasi tentang kapan akan sekolah,"katanya.

Sri Darma, tenaga swab Test Puskesmas Sikakap mengatakan, Puskesmas Sikakap telah melakukan swab dua kali dimulai Sabtu (9/1/2021) dan Senin (11/1/2021), sekolah yang sudah mendaftar sebanyak 6 sekolah yakni SDN 01 Sikakap, SDN 15 Sikakap, SDN26 Taikako, MTsN 2 Kabupaten Kepulauan Mentawai, dan SMPN 2 Sikakap.

Dari enam sekolah yang mendaftar sudah lima sekolah melakukan swab dengan jumlah guru dan tenaga kependidikan yang telah melakukan swab test sebanyak 73 orang, sekarang tinggal lagi SMPN 2 Sikakap dengan jumlah guru dan tenaga kependidikan sesuai data yang kita terima 18 orang, sementara SDN 17 baru akan mendaftar untuk mengikuti swab Test guru dan tenaga kependidikan.

Kepala Puskesmas Sikakap Suratmi mengatakan, intinya Puskesmas Sikakap siap untuk memfasilitasi guru dan tenaga kependidikan yang akan melaksanakan swab test sebelum melakukan PTM.

"Imbauan kita sebagai tenaga kesehatan kepada sekolah-sekolah yang ingin melaksanakan PTM tetap jalankan protokoler kesehatan 3 M (memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir,dan menjaga jarak minamal satu meter dalam ruangan, sekarang ini tenaga swab test Puskesmas Sikakap sebanyak 5 orang,” katanya.


BACA JUGA