Dihempas Angin, KMP Gambolo Kandas di Sekitar Dermaga Tuapeijat

Dihempas Angin KMP Gambolo Kandas di Sekitar Dermaga Tuapeijat KMP Gambolo yang kandas di sekitar perairan Tuapeijat, Sipora Utara. (Foto: Dok. SAR Mentawai)

TUAPEIJAT - KMP. Gambolo dilaporkan kandas di sekitar Dermaga Tuapejat Perairan Sipora, Kecamatan Sipora Utara Kepulauan Mentawai atau sekira 0.4 Nautical Mile dari Dermaga Tuapeijat, Jumat (8/1/2021).

Akmal, Kepala Kantor SAR kelas B Mentawai menerangkan bahwa kapal tersebut datang dari Dermaga Sioban Kecamatan Sipora Selatan menuju Dermaga Tuapeijat.

"Sekira jam 16.30 WIB dihempas angin dan kandas di sekitar Dermaga Tuapejat. Kita menerima informasi sekira jam 16.35 WIB dari Koptu. Pulungan (TNI AL). Selanjutnya pukul 16.40 WIB tim SAR meluncur dari Kantor Menuju Dermaga Tuapejat dan langsung ke lokasi," ungkap Akmal.

Jumlah penumpang yang berada dalam kapal sekira 20 orang, terdiri anak buah kapal (ABK) 18 orang dan penumpang dua orang.

Akmal menyampaikan bahwa kondisi 20 penumpang dalam keadaan selamat. Sekira pukul 17.15 WIB Tim SAR Gabungan mengevakuasi 2 orang penumpang tersebut dan dilanjutkan pada pukul 17.20 WIB mengevakuasi Kapal KMP Gambolo dengan digerakkan KMP. Bakkat Benuang.

Selanjutnya, pada pukul 18.15 WIB kapal tidak dapat ditarik, sehingga akan dilanjutkan pukul 23.00 WIB saat perkiraan pasang naik.

Adapun kondisi cuaca saat kapal penumpang tersebut kandas yakni hujan ringan, kecepatan angin 2 - 10 knots dari barat laut, tinggi gelombang 0,5 - 1,25 Meter.

Peralatan dan perlengkapan yang dikerahkan diantaranya, KN SAR Ramawijaya 240 Mentawai (Stand by),

RIB 02 Mentawai, alat komunikasi,alat bantu navigasi, peralatan evakuasi, protokol kesehatan, AMC vehicle, rescue dymex.

BACA JUGA