Penumpang Membludak, Dishub Mentawai Berangkatkan Dua Kapal Antar Pulau dari Sikakap ke Tuapeijat

Penumpang Membludak Dishub Mentawai Berangkatkan Dua Kapal Antar Pulau dari Sikakap ke Tuapeijat Kapal KM Simasin dan LCT Teluk Katurei saat akan berangkat dari Pelabuhan Syahbandar Sikakap menuju Pelabuhan Tuapeijat di Sipora Utara, Mentawai, Jumat (8/1/2021) pagi. (Foto: Supri/Mentawaikita.com)

SIKAKAP--Dinas Perhubungan Kabupaten Kepulauan Mentawai memberangkatkan dua kapal penumpang antar pulau dari Pelabuhan Syahbandar Sikakap tujuan Pelabuhan Tuapeijat karena penumpang membludak, Jumat (8/1/2021) . Dua kapal penumpang yang berangkat KM Simasin, dan LCT Teluk Katurei.

M Jamhur, Staf Kesyahbandaran Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Sikakap mengatakan dalam minggu ini sudah tiga trip kapal antar pulau berangkat dari Pelabuhan Syahbandar Sikakap menuju Pelabuhan Tuapeijat. Kemarin, KM Simasin sudah membawa 140 orang penumpang dari  Sikakap,namun karena masih banyak penumpang yang belum terangkut, KM Simasin putar kepala kembali ke Sikakap setelah menurunkan penumpang di Pelabuhan Tuapeijat.

“Karena masih banyak penumpang yang tertinggal sesuai dengan koordinasi kita pihak Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) kelas III Sikakap dengan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kepulauan Mentawai Bapak Tahap Martua Nababan mengambil kebijakan menjalankan LCT Teluk Katurei dari Pelabuhan Syahbandar Sikakap hari ini," kata M Jamhur, Jumat (8/1/2021).

Lebih lanjut M.Jamhur menyebutkan, untuk hari ini KM Simasin dibatasi paling banyak membawa 140 orang penumpang, sementara LCT Teluk Katurei membawa 60 penumpang. "Tapi dengan catatan kita berikan kepada nahkoda kapal kalau cuaca tidak bagus seperti badai atau gelombang tinggi demi untuk keselamatan penumpang kapal diminta untuk putar balik lagi ke Pelabuhan Syahbandar Sikakap," katanya.

Hoskilius, Sekretaris Satgas Covid-19 Kecamatan Sikakap mengatakan, penumpang yang berangkat sekarang penumpang yang bekerja di Tuapeijat, mereka pulang kampung untuk libur Natal. Selain itu ada juga penumpang yang bekerja di kecamatan-Kecamatan yang ada di Pagai Utara Selatan dan instansi pemerintah lainnya untuk perpanjangan kontrak, dan ada juga PNS baru lulus yang akan mengambil SK 80 persennya ke Tuapeijat, juga ada pelajar dan mahasiswa termasuk juga masyarakat.

"Melihat banyaknya penumpang kita dari Satgas Covid-19 Kecamatan Sikakap hanya bisa mengimbau kepada penumpang untuk tetap pakai masker selama di dalam kapal, dengan memakai masker kita bisa terhindar dari penyebaran penularan Covid-19, dan membawa handsanitizer, sebab kalau jaga jarak tidak mungkin karena banyak penumpang," katanya.

Budiono, salah seorang penumpang, mengatakan, berangkat ke Tuapeijat untuk menandatangani perpanjangan kontrak kerja.

Sementara Prengky, salah seorang calon penumpang gagal berangkat karena kapal sudah penuh. Dia merencanakan berangkat kembali Rabu (13/1/2021) dengan kapal Perintis Sabuk Nusantara 68, katanya.

BACA JUGA