Bermodalkan Rp250 Juta, Pemuda Asal Malakopa Bangun Villa di Kampung Halamannya

Bermodalkan Rp250 Juta Pemuda Asal Malakopa Bangun Villa di Kampung Halamannya Wakil Bupati Mentawai Kortanius Sabeleake meresmikan Kaipa Villas di Desa Malakopa Kecamatan Pagai Selatan, Mentawai. (Foto: dok. Wahyu Setiadi)

PAGAISELATAN--Bermodalkan tabungan Rp250 juta, Wahyu Setiadi (28), anak muda asal Malakopa Kecamatan Pagai Selatan Kabupaten Kepulauan membangun Kaipa Villas, penginapan berupa villa di pinggir pantai Malakopa. Mulai dibangun pada 5 Februari tahun lalu, Kaipa Villas selesai pada November tahun yang sama dan diresmikan 2 Januari lalu oleh Wakil Bupati Mentawai Kortanius Sabeleake.

"Kaipa Villas saya bangun dengan dana pribadi yang saya kumpul sejak 2016 setelah bekerja di salah satu perusahaan pelayaran di Jakarta. Dari hasil upah atau gaji saya kumpulkan sedikit demi sedikit, setelah dana terkumpul sekitar Rp250 juta maka saya beranikan menggunakan dana tersebut untuk membangunkan satu unit villa di kampung Desa Malakopa,” kata Wahyu Setiadi, lulusan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta ini, pada Kamis (7/1/2021).

Kaipa Villas dibangun di tepi pantai yang dekat dengan lokasi berselancar turis asing di perairan sekitar Malakopa. “Saya sampai sekarang masih tetap bekerja di perusahaan pelayaran di Jakarta, sementara yang mengurus Kaipa Villas saya serahkan kepada abang saya Nedi Iswandi," kata Wahyu.

Bangunan Kaipa Villas unik dan natural sehingga terasa dekat dengan alam karena semua materialnya terbuat dari kayu kecuali kamar mandi yang ditembok bata. Saat ini Kaipa Villas memiliki tiga kamar tidur dengan fasilitas penghuni enam orang. Villa ini juga menyediakan mini bar, karaoke serta fasilitas toilet yang modern. Saat ini Kaipa Villas memiliki enam orang staf yang semuanya dari warga Desa Malakopa.

Jika tingkat hunian bagus, Wahyu berencana akan mengembangkan Kaipa Villas dengan membangun satu unit bungalow dengan kapasitas enam kamar untuk 12 orang pengunjung. “Kalau tidak kita yang memulai siapa lagi, terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai yang telah memberikan dukungan kepada saya sehingga terbangun satu unit villa, dengan adanya villa ini berarti bisa menjadi peluang kerja dan usaha bagi warga Desa Malakopa dan sekitarnya," katanya.

Wakil Bupati Mentawai Kortanius Sabeleake saat peremian mengapresiasi langkah Wahyu membangun villa di kampungnya. “Ini menjadi contoh kita semua bahwa kita harus memulai, dan saya harap kepada Wahyu dan Ibram ataupun seluruh masyarakat Malakopa bahwa ini baru memulai dengan tiga kamar dengan kesederhanaan, namun segala sesuatu kita harus mulai dengan hal yang sederhana, jangan bermimpi memulai dari yang besar, mulai dari kesederhanaan dan dengan kesederhanaan maka kita akan melihat peluang-peluang lain dan kita akan malakukan apa yang terbaik, kalau kita belum memulai maka kita tidak akan melihat apa yang akan terjadi ke depan. Saya juga berpesan kepada Camat, Kepala Desa Malakopa dan tokoh masyarakat agar mendukung penuh anak-anak lokal untuk berkarya,” katanya.

BACA JUGA