Penumpang Antar Pulau dari Siberut Barat Tertahan di Betaet Karena Cuaca Buruk, Dishub Janjikan Layanan Khusus

Penumpang Antar Pulau dari Siberut Barat Tertahan di Betaet Karena Cuaca Buruk Dishub Janjikan Layanan Khusus KLM. Nade bertolak dari Pelabuhan Pokai, Siberut Utara menuju Tuapeijat, Sipora Utara Kepulauan Mentawai. (Foto: Bambang/Mentawaikita.com)

SIKABALUAN-Ratusan pelajar dan masyarakat dari Kecamatan Siberut Barat khususnya dari Desa Simatalu dan Simalegi yang bertujuan ke Sikabaluan-Siberut dan Tuapeijat tertahan di Betaet karena layanan kapal antar pulau di Mentawai atau boat setiap hari Rabu tidak masuk karena kondisi cuaca yang buruk.

"Kapal antar pulau tidak masuk. Sementara ratusan penumpang sedang tertahan di Betaet baik masyarakat maupun pelajar," kata Peskar, salah seorang calon penumpang pada Mentawaikita.com, Kamis (7/1/2021).

Dikatakan Peskar, penumpang yang tertahan hampir sama jumlahnya dengan jumlah penumpang yang masuk pada libur Natal dan Tahun baru 2021. Dimana pada saat itu karena kondisi cuaca, KLM. Nade 220 tidak mau ke Betaet dan digantikan dengan layanan boat yang disediakan pihak Dinas Perhubungan Mentawai.

"Kemaren itu ada empat trip boat yang difasilitasi oleh Dinas Perhubungan Mentawai karena kapal tidak bisa masuk ke Betaet," katanya.

Pada libur sementer pendidikan menjelang Natal dan Tahun Baru, KLM. Nade 220 yang seharusnya melayani rute Pokai-Betaet pada Selasa (15/12/2020) tidak berangkat karena kondisi cuaca yang buruk. Akhirnya digantikan dengan boat pada Rabu (16/12/2020) dengan mengangkut satu trip penumpang. Sementara penumpang yang tertinggal di Pokai masih mencapai ratusan orang. Setelah ada koordinasi ke kepala Dinas Perhubungan terkait masih banyaknya penumpang yang tertinggal maka jumlah trip boat yang mengantar penumpang kembali ditambah.

Kepala Dinas Perhubungan Mentawai, Tohap Martua Nababan yang dikonfirmasi terkait rute KLM. Nade yang tidak masuk melayani masyarakat Siberut Barat pada Selasa malam (5/1/2021) karena kondisi cuaca yang tidak mendukung, karena itu penumpang akan dilayani secara khusus.

"Kita sudah dapat informasi dan kemarin kapal tidak masuk ke Betaet karena cuaca tidak baik. Untuk itu KLM. Nade akan diarahkan khusus ke sana melakukan pelayanan," katanya pada Mentawaikita.com, Kamis (7/1/2021).

Dijelaskan Tohap, karena rute hari Kamis melayani jalur Pokai-Siberut-Tuapeijat maka rute tersebut harus dilayani agar penumpang yang dari Sikabaluan-Siberut tujuan Tuapeijat dapat terlayani. "Nantinya setelah sampai di Tuapeijat kapal langsung kita arahkan kembali berlayar ke Betaet untuk membawa penumpang yang belum terlayani kemaren," tegasnya.

Untuk penumpang dari Pokai-Siberut-Tuapeijat berdasarkan laporan yang diterima kepala Dinas perhubungan Mentawai berdasarkan manifest penumpang 140 orang. "Penumpang ini kita antar dulu hingga Tuapeijat dan dari Tuapeijat kapal langsung bertolak dari Tuapeijat ke Betaet. Kita berharap cuaca mendukung," katanya.

 

 

BACA JUGA