Bawaslu Protes PPK Sipora Utara Tak Beri Salinan Rekap, Pleno Sempat Diskor

Bawaslu Protes PPK Sipora Utara Tak Beri Salinan Rekap Pleno Sempat Diskor PPK Sipora Utara menyampaikan hasil rekap Pilgub Sumbar tingkat Kabupaten Kepulauan Mentawai di Tuapeijat, Sipora Utara. (Foto: Patrisius/Mentawaikita.com)

TUAPEIJAT-Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Mentawai memprotes Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Sipora Utara saat penyampaian rekap hasil perhitungan suara Pilgub Sumbar 2020 tingkat Kabupaten Kepulauan di Aula Hotel Bundo Guest House, Rabu, (16/12/2020).

Protes itu disampaikan salah seorang Komisioner Bawaslu, Firdaus Satoinong dalam proses rekapitulasi tingkat Kabupaten Kepulauan Mentawai. Firdaus memprotes PPK Sipora Utara yang diketuai Sabar Parsaolian karena tak mendapatkan salinan rekap 7 TPS  dari 23 TPS yang ada di Kecamatan Sipora Utara.

"Kita tidak dapat rekap hasil perhitungan suara tingkat desa di beberapa desa di Sipora Utara, kita hanya dapat rekap tingkat kecamatan saja, alasan logisnya kita tidak tahu," kata Komisioner Bawaslu Mentawai, Firdaus Satoinong.

Menanggapi protes Bawaslu Mentawai kepada PPK Sipora Utara itu kemudian Ketua KPU Kabupaten Kepulauan Mentawai Eki Butman mengambil alih dengan menskor sementara proses rekap suara Pilgub Sumbar 2020 tingkat kabupaten selama 35 menit.

Menanggapi protes Bawaslu Mentawai tersebut, Ketua PPK Sipora Utara, Sabar Parsaolian mengakui tak diberikannya hasil rekap tingkat desa karena tidak sempat memprint dan memberikan hasil rekap kepada Bawaslu. "Iya benar hanya hasil rekap kecamatan saja yang kami berikan, kekhilafan ini," kata Sabar saat pleno diskor sementara.

Bawaslu Mentawai meminta PPK Sipora Utara memberikan salinan rekap tingkat desa di enam desa yang ada di wilayah Kecamayan Sipora Utara. "Kami harus dapatkan salinannya hari ini, kalau alasannya jelas kita maafkan, dari 9 kecamatan hanya PPK Sipora Utara yang tidak kami dapatkan," kata Firdaus.

Akhirnya protes itu kemudian ditindaklanjuti PPK Sipora Utara untuk mencetak kembali hasil rekap yang tidak didapatkan Bawaslu Mentawai, dan rekap hasil suara Pilgub Sumbar 2020 tingkat Kabupaten Kepulauan Mentawai kembali dilanjutkan setelah disepakati rekap PPK Sipora Utara selesai tak bermasalah.

Hingga saat ini proses rekapitulasi perhitungan suara Pilgub Sumbar masih berlangsung pada PPK Kecamatan Pagai Selatan mendapat kesempatan terakhir penyampaian hasil rekap dari kecamatan lain. 

BACA JUGA