Partisipasi Pemilih Pilgub Sumbar di Siberut Utara Hanya 54,7 Persen

Partisipasi Pemilih Pilgub Sumbar di Siberut Utara Hanya 547 Persen Proses rekapitualasi suara di PPK Siberut Utara. (Foto: Bambang/Mentawaikita.com)

SIKABALUAN-Tingkat partisipasi pemilih dalam Pemilihan Gubernur Sumatera Barat di Kecamatan Siberut Utara cukup rendah, hanya 54,7 persen. Dari 5.900 pemilih yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), hanya 3.228 yang memberikan suara di TPS pada 9 Desember lalu. Data tersebut berdasarkan hasil rekapitulasi hasil pemilihan di PPK Siberut Utara, Sabtu (12/12/2020).

"Setelah hasil rekapitulasi perolehan suara tingkat PPK, kita rencanakan Senin hasilnya kita bawa ke KPU Mentawai di Tuapeijat," kata Kandidus Sikaraja, Ketua PPK Siberut Utara pada Mentawaikita.com, Sabtu (12/12/2020).

Sementara dari hasil penghitungan suara, pasangan Nasrul Abit-Indra Catri memperoleh suara terbanyak dengan total 1.595 suara dari 23 TPS yang tersebar di enam desa, Desa Muara Sikabaluan sebanyak tujuh TPS, Desa Monganpoula tiga TPS, Desa Sotboyak dua TPS, Desa Bojakan tiga TPS, Desa Malancan lima TPS dan Sirilogui tiga TPS.

Perolehan suara kedua diperoleh pasangan calon Mulyadi-Ali Mukhni yang diusung Partai Demokrat dan Partai Amanat Nasional dengan total perolehan 935 suara. Untuk pasangan Fakhrizal-Genius Umar yang diusung Partai Golongan Karya, Partai Nasdem dan Partai Kebangkitan Bangsa yang bernomor urut 3 berada pada posisi tiga dengan total perolehan 376 suara. Sedangka pasangan Mahyeldi-Audy Joinaldi yang diusung Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Persatuan Pembangunan berada pada posisi terakhir dengan total 256 suara.ar di Siberut Utara Hanya 54,7 Persen


BACA JUGA