Pleno PPK: Nasrul Abit-Indra Catri Dapat Suara Terbanyak di Kecamatan Sikakap

Pleno PPK Nasrul AbitIndra Catri Dapat Suara Terbanyak di Kecamatan Sikakap Mulyanda (kaos merah), anggota PPK Sikakap membacakan hasil penghitungan suara Pilgub Sumbar tingkat PPK Sikakap. (Foto: Supri/Mentawaikita.com)

SIKAKAP--Nasrul Abit mendapat suara terbanyak dalam Pemilihan Gubernur Sumatera Barat di Kecamatan Sikakap berdsarkan hasil rekapitulasi suara pemilih di PPK Sikakap, Jumat (11/12/2020). Dari hasil rekapitulasi suara tingkat kecamatan Sikakap tersebut, Nasrul Abit dan pasangannya Indra Catri memperoleh 2.132 suara disusul pasangan Fakhrizal dengan Genius Umar 708 suara, lalu Mahyeldi-Audy 615 suara dan Mulyadi dengan Ali Mukhni 481 suara.

"Sesuai dengan hasil pantauan dan informasi dari lapangan pelaksanaanPilgub Sumbar yang dilaksanakan 9 Desember di tengah wabah pandemi Covid-19 di Kabupaten Kepulauan Mentawai berjalan aman dan lancar, semua itu berkat kerjasama semua pihak, baik itu pelaksana pemilu mulai dari tingkat KPU, PPK, PPS dan KPPS di tiap TPS, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai, Polri-TNI, dan Panwaslu," kata Ketua KPU Mentawai Eki Butman, Jumat (11/12/2020). 

Dia menyebutkan, dalam Pilgub ini diutamakan sekali setiap penyelengara pemilu dan masyarakat pemilih wajib mematuhi protokol kesehatan seperti pakai masker, cuci tangan dengan sabun di air mengalir, dan jaga jarak minimal 1 meter sampai 1,5 meter. 

Untuk mendukung protokol kesehatan pihak penyelenggara pemilu menyiapkan tempat cuci tangan lengkap dengan sabun di setiap TPS. Sebelum masuk ke TPS pemilih diukur suhu tubuhnya dan wajib pakai masker, bagi pemilih yang suhu tubuhnya diatas 37,3 derajat Celcius mencoblos di bilik suara khusus yang telah disediakan setiap TPS.

"Untuk menyakinkan masyarakat pemilih sebelum bertugas petugas PPK, PPS, dan KPPS dirapid test dulu, kalau ditemukan hasil reaktif maka tidak diperbolehkan menjadi petugas PPK, PPS atau KPPS," katanya.

Rio Jamal, Ketua PPK Sikakap, mengatakan pleno dimulai pukul 14.00 WIB dan selasai pukul 00.30 WIB dini hari berjalan lancar dan aman. "Hasil rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat kecamatan Sikakap akan dikirim ke KPU Kabupaten Kepulauan Mentawai di Tuapeijat, tentu dengan pengawalan yang ketat dari Polri dan TNI yang selalu melekat dengan kotak suara dan surat suara mulai dari pendistribusian dari Tuapejat ke titik TPS sampai kotak suara serta surat suara kembali lagi ke Tuapejat," katanya.

BACA JUGA