Akses Sulit, Pengiriman Hasil Rekapitulasi Suara dari Daerah Pedalaman Siberut Terlambat

Akses Sulit Pengiriman Hasil Rekapitulasi Suara dari Daerah Pedalaman Siberut Terlambat Kotak suara dari Desa Maileppet, Muara Siberut dan Muntei yang tiba di kantor PPK Siberut Selatan (Foto : Hendrikus/MentawaiKita)

MUARA SIBERUT—Kotak suara dan hasil pemungutan suara dari daerah pedalaman Siberut Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai baru diantar hari ini, Kamis (10/12/2020) ke kantor Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Siberut Selatan. Keterlambatan distribusi tersebut disebabkan akses transportasi yang sulit.

Ketua PPK Siberut Selatan, Walman Pandapotan, mengatakan di Siberut Selatan baru tiga desa yang mengantar kotak suara dan rekapitulasi perhitungan suara dari Tempat Pemungutan Suara (TPS) yakni Desa Muntei, Maileppet dan Muara Siberut ke kantornya.

Sementara dari Desa Matotonan dan Madobak yang memiliki akses transportasi sulit baru diantarkan pada Kamis (10/12/2020). Logistik tersebut diantar menggunakan 2 buah pongpong tiap desa.

“Kotak suara dari Madobak dan Matotonan diturunkan hari ini (10/12/2020) dengan perahu pongpong (tranportasi lokal) karena akses jauh menjadi kendala untuk menjaga keselamatan kotak suara,” kata Walman Pandapotan.

Ia menyebutkan rekapitulasi suara pada dua desa tersebut telah selesai kemarin sore atau Rabu (9/12/2020). 

“Namun karena akses dan kondisi jauh, tak bisa dipaksakan sudah malam yang jelas antisipasi, makanya kotak suara akan diturunkan pagi ini, dan saat ini kami sedang menunggu kotak suara dua desa jauh itu,” ujarnya.


BACA JUGA