NA-IC Mendulang Suara di Siberut Utara 

NAIC Mendulang Suara di Siberut Utara  Penghitungan suara di Tuapeijat. (Foto: Patris/Mentawaikita.com)

SIKABALUAN-Berdasarkan data yang masuk di PPK Siberut Utara hingga pukul 21.00 WIB, pasangan nomor 2, Nasrul Abit-Indra Catri unggul sementara pada pemilihan umum kepala daerah Provinsi Sumatera Barat, Rabu (9/12/2020) dengan perolehan 824 suara dari 12 TPS yang masuk.

"Sudah ada 12 kotak surat suara yang masuk.berdasarkan hasil rekap masing-masing TPS,” kata Kandidus Sikaraja, Ketua PPK Siberut Utara pada Mentawaikita.com di sekretariat PPK.

Dari 12 data TPS yang masuk, 11 TPS lagi masih ditunggu oleh PPK karena di Kecamatan Siberut Utara terdapat 23 TPS yang tersebar di enam PPS atau desa, diantaranya Desa Muara Sikabaluan ada 7 TPS, Desa Monganpoula 3 TPS, Desa Sotboyak 2 TPS, Desa Malancan 5 TPS, Desa Bojakan 3 TPS dan Desa Sirilogui 3 TPS.

Pasangan Nasrul Abit-Indra Catri yang diusung oleh partai tunggal, Gerindra hampir menang di setiap TPS. Misalnya di Desa Muara Sikabaluan dari 6 TPS yang sudah masuk memperoleh 407 suara, di Monganpoula dari tiga TPS memperoleh 232 suara, di Sotboyak dari dua TPS memperoleh 139 suara dan Bojakan yang baru masuk 1 TPS dengan perolehan 46 suara.

Sementara pasangan nomor urut 1, Mulyadi-Ali Mukhni yang diusung Partai Demokrat dan Partai Amanat Nasional sementara berada diurutan ke dua dengan perolehan suara sementara 495 suara. Pada posisi ke tiga yaitu pasangan nomor urut 3, Fakhrizal-Genius Umar yang diusung Partai Golongan Karya, Partai Nasional Demokrat dan Partai Kebangkitan Bangsa memperoleh 180 suara. Lalu pada posisi terakhir yaitu pasangan nomor urut 4, Mahyeldi-Audy Joinaldi yang diusung Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Persatuan Pembangunan memperoleh 127 suara.

"Kita berharap malam ini dari enam desa yang ada di Siberut Utara, lima desa sudah terkumpul kotak surat suara dan datanya sudah masuk di PPK. Kecuali di Desa Bojakan khususnya di Lubaga dan Bai' akan menyusul besok atau hari Jumat mengingat medan yang sulit", kata Kandidus. 


BACA JUGA