Corona Hantui Pelaksanaan Ujian Semester Ganjil SD Vincentius

Corona Hantui Pelaksanaan Ujian Semester Ganjil SD Vincentius Kepala SD Swasta Vincentius Sikakap, Wilhelmus menunjukkan ruang pelaksanaan ujian semester ganjil (Foto : Supri/MentawaiKita)

SIKAKAP—Pelaksanaan ujian semester ganjil di SD Swasta Vincentius, Kecamatan Sikakap, Kabupaten Kepulauan Mentawai tetap berlanjut meski dihantui wabah corona. Untuk menghindari penularan virus, SD Vincentius membatasi jumlah siswa dalam ruangan maksimal 10 orang. Mereka juga membagi pelaksanaan ujian menjadi dua sif.

"Ujian semester ganjil di SD Swasta Vincentius Sikakap dimulai Jumat-Sabtu (4-5/12/2020), Minggu (6/12/2020) libur, dan ujian dilanjutkan Senin sampai Kamis (7-10/12/2020), sif pertama masuk pukul 08.00 WIB sampai pukul 10.00 WIB, dan sif kedua masuk pukul 10.00 WIB sampai 12.00 WIB, setiap hari dua mata pelajaran, dalam satu lokal paling banyak hanya 10 siswa,"kata Kepala SD Swasta Vincentius Sikakap, Wilhelmus kepada MentawaiKita.com di Sikakap, Kamis (3/12/2020).

Sebelum ujian dimulai, kata Wilhelmus, ruangan dibersihkan dengan disinfektan. “Sebelum masuk ke dalam ruangan siswa diwajibkan cuci tangan dengan sabun di air mengalir, dimana alat cuci tangan lengkap dengan sabunnya sudah disediakan oleh sekolah, siswa diwajibkan pakai masker baik di luar ruangan maupun dalam ruangan, jarak meja siswa dengan siswa lain 2 meter,” ujarnya.

Siswa yang akan mengikuti ujian semester ganjil di SD Swasta Vincentius Sikakap sebanyak 102 siswa.

SD Swasta Vincentius Sikakap mengunakan meja panjang dengan panjang meja sekitar 2 meter, sebelum ada corona satu meja diisi oleh dua orang siswa namun sekarang hanya ditempati seorang siswa.

Wilhelmus menyebutkan siswa yang tidak memiliki masker waktu pelaksanaan ujian semester ganjil akan diberikan sekolah.

"Sejak mewabahnya Covid-19 di Indonesia sejak bulan Maret lalu, Proses Belajar Mengajar (PBM) di SD Swasta Vincentius Sikakap guru melakukan kunjungan ke rumah siswa, hal ini dilakukan tiap hari oleh wali kelas,"katanya. 


BACA JUGA