Hindari Keramaian, Ujian Semester SMKN 3 Mentawai Dibagi 3 Sif

Hindari Keramaian Ujian Semester SMKN 3 Mentawai Dibagi 3 Sif SMKN 3 Kabupaten Kepulauan Mentawai di Dusun Panatarat, Desa Matobe (Foto : Supri/MentawaiKita)

SIKAKAP—SMKN 3 Kabupaten Kepulauan Mentawai yang berlokasi di Dusun Panatarat, Desa Matobe, Kecamatan Sikakap membagi waktu ujian semester ganjil menjadi 3 sif untuk menghindari keramaian siswa di sekolah yang dilaksanakan 30 November-6 Desember 2020.

Sif pertama untuk kelas X masuk pukul 07.30 WIB - pukul 10.00 WIB, sif kedua kelas XI masuk pukul 10.30 WIB - 12.00 wib, dan Sip ketiga kelas XII masuk pukul 13.00 WIB - 14.30 WIB. 

"Untuk menghindari keramaian waktu pelaksanaan ujian semester ganjil SMKN 3 Mentawai buat tiga sif," kata Kepala SMKN 3 Mentawai, Ekinaldi kepada MentawaiKita.com di Sikakap, Rabu (2/11/2020).

Ekinaldi menyebutkan sebelum masuk ruangan siswa wajib mematuhi protokoler kesehatan seperti pakai masker, cuci tangan dengan sabun di air mengalir dan jaga jarak waktu dalam ruangan ujian.

Khusus dalam ruangan jarak meja siswa dengan siswa lainnya 1,20 meter, dalam satu ruangan hanya 15 siswa.

Jumlah siswa yang mengikuti ujian semester ganjil di SMKN 3 Mentawai sebanyak 217 siswa terdiri dari kelas X sebanyak 80 siswa, kelas XI sebanyak 76 siswa dan kelas XII sebanyak 61 siswa.

Ia mengatakan, sebelum ada kasus Covid-19 di daerah Pagai Utara Selatan siswa belajar tatap muka masing-masing dua kali dalam seminggu yakni Siswa kelas X belajar Senin, kelas XI belajar Selasa, dan Kelas XII belajar Rabu. Kemudian pada hari Kamis kelas X masuk, Jumat kelas XI dan hari Sabtu kelas XII begitu seterusnya.

“Setelah ada kasus Covid-19 di Pagai Utara Selatan  (PUS) bahkan ada beberapa guru SMKN 3 Mentawai yang terpapar Covid-19 siswa belajar jarak jauh di mana guru bidang studi membuat whatsapp (WA) grup, tugas diberikan melalui WA grup itu setelah tugas selesai siswa boleh mengantarkan ke sekolah atau langsung kepada guru bidang studinya,” katanya.  


BACA JUGA