Cuaca Buruk, Stok Ikan di Tuapeijat Berkurang

Cuaca Buruk Stok Ikan di Tuapeijat Berkurang Lapak ikan yang koson di TPI Tuapeijat (Foto: Patris/Mentawaikita.com)

TUAPEIJAT-Stok ikan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Tuapeijat, Sipora Utara Kabupaten Kepulauan Mentawai beberapa minggu terakhir hingga hari ini berkurang disebabkan kondisi cuaca buruk sehingga untuk sementara nelayan memilih tak melaut.

"Sudah hampir 2 minggu stok ikan berkurang, nelayan tidak melaut karena cuaca buruk, air deras juga terang bulan, hanya beberapa pelapak saja yang berjualan ikan," kata Ermayunis (50) seorang penjual ikan di TPI Tuapeijat, Selasa, (1/12/2020).

Pantauan Mentawaikita.com TPI di Tuapeijat yang berada di Kilometer 1 tampak  banyak lapak milik penjual ikan yang kosong. "Sudah hampir seminggu stok ikan terbatas, selain cuaca kurang bagus juga air deras, jadi nelayan tidak melaut, mudah-mudahan minggu ini cuaca sudah mulai bagus," kata Erma.

Ermayunis sendiri tak memiliki stok ikan yang dijual di lapaknya beberapa hari sebelumnya termasuk hari ini. "Biasanya cuaca bagus stok ikan tidak putus," kata Erma.

Akibat keterbatasan stok ikan di Tuapeijat, beberapa masyarakat memilih membeli ayam potong yang harganya mencapai Rp65-70 ribu dan ikan yang diawetkan dalam kemasan didapatkan toko-toko sembako yang hanya berisi beberapa potong. 

"Kalau tidak ada ikan paling pilihannya ikan sarden, telur ayam, ikan teri saja yang dibeli kemudian ayam potong," kata Ika (32) seorang warga Tuapeijat.


BACA JUGA