2.385 PPS di Mentawai Akan Rapid Test

2385 PPS di Mentawai Akan Rapid Test Pilkada 2020

PADANG-Sebanyak 2.385 Panitia Pemungutan Suara (PPS) di 10 kecamatan Kabupaten Kepulauan Mentawai akan segera melakukan rapid test beberapa hari kedepan, hal itu dikatakan Ketua KPU Mentawai Eki Butman pada Mentawaikita.com, Jumat (27/11/2020)

“Rapid tes untuk PPS kita rencana akan dilakukan pada Minggu besok atau dua hari berikutnya, besok alatnya kita bawa dari Tuapeijat ke masing-masing kecamatan, ini dilakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan dan Tim Gugus Tugas 10 kecamatan,” katanya saat dihubungi.

Sementara Komisioner KPU Sumatera Barat, Gebril Daulai menambahkan untuk pelaksanaan rapid test bagi Panitia Pemungutan Suara (PPS) ini, dilakukan setelah surat keputusan (SK) penunjukan petugas TPS dikeluarkan KPU pada masing-masing kabupaten kota yang ada di Sumatera Barat.  Untuk di Sumatera Barat ini jumlah petugas TPS secara keseluruhan ada 112.932, ini tersebar di 12. 548 TPS yang ada di 1.158 kelurahan/desa. "Rapid test ini merupakan instruksi KPU RI, dan itu harus kami laksanakan pada petugas TPS yang bertugas pada saat hari pencoblosan nanti," katanya.

Gebril menambahkan kalau saat rapid test ada yang reaktif maka petugas yang bersangkutan akan melanjutkan uji swab. “Jika hasil swab itu positif Covid-19, petugas tersebut belum langsung diganti tapi diberdayakan petugas yang lain. Namun jika satu TPS ada dua orang yang positif, maka akan dilakukan penggantian, ini dilakukan agar proses pemungutan dan penghitungan suara di TPS bisa berjalan dengan lancar," tutur Gebril.

Sementara jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat 2020 ada 265 TPS tersebar di 43 desa, 10 kecamatan yang ada di Kabupaten Kepulauan Mentawai. KPU Kabupaten Kepulauan Mentawai juga telah menetapkan 59.125 Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat 


BACA JUGA