Ini Penyebab Kebakaran di SPBU Sikabaluan

Ini Penyebab Kebakaran di SPBU Sikabaluan Tangki BBM milik PT. Ekindo Putra Andalas di Pokai, Sikabaluan, Siberut Utara Terbakar ( Foto : Bambang/MentawaiKita)

SIKABALUAN-SPBU Kompak Satu Harga milik PT. Ekindo Putra Andalas di Pokai Desa Sikabaluan Kecamatan Siberut Utara ludes terbakar pada Rabu (25/11/2020) sekira pukul 17.00 wib saat proses bongkar-muat BBM dari kapal ke SPBU.

Arifman, salah seorang ABK (Anak Buah Kapal) Sumber Jaya yang melakukan proses penyalinan BBM jenis bensin dari mobil BBM ke dalam tanki mengatakan api berasal dari mesin pompa minyak.

"Karena selang lepas saat mesin pompa hidup sehingga bensin tumpah mengenai knalpot sehingga menimbulkan api dan langsung mengejar tangki BBM yang berisi bensin", kata Arifman pada Mentawaikita.com, Rabu (25/11/2020).

Lebihlanjut dikatakan Arifman, proses penyalinan bensin baru menyelesaikan dua tangki yang masing-masing bermuatan 16.000 ribu liter.

Baca Juga : SPBU di Pokai Meledak, Satu Pekerja Terbakar

"Pada saat pengisian tangki bensin ke tiga itulah yang menyebabkan kebakaran hingga menyambar semua tangki yang ada", katanya.

Arifman menyebutkan, menurut perkiraan bensin yang sudah sempat tersalin ke dalam tangki BBM yang ada di SPBU sekira 42 ton.

Belum ada keterangan dari pihak pengelolah SPBU Kompak Satu Harga Pokai terkait kerugian dari kebakaran yang terjadi. Akibat dari kejadian ini, salah seorang ABK yang membantu penyalinan BBM terluka dan dilarikan langsung ke Puskesmas Sikabaluan.


BACA JUGA