1.843 Warga Pagai Terima Bantuan Sosial Tunai dari Kemensos

1843 Warga Pagai Terima Bantuan Sosial Tunai dari Kemensos Warga Sikakap menerima BST Kemensos di kantor pos Sikakap (Foto : Leo/MentawaiKita)

 SIKAKAP—Sebanyak 1.843 warga Pagai Utara Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai menerima Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementrian Sosial Republik Indonesia, Senin (23/11/2020).

Kepala kantor PT. POS Indonesia cabang Sikakap, Delfira, menyebutkan mulai hari ini (23/11/2020) hingga Jumat 27/11/2020 pihak pos membagikan BST dari Kemensos yang meliputi tiga kecamatan yakni Kecamatan Sikakap, Pagai Utara dan Pagai Selatan.

“Syarat yang diperlukan (pencairan) sama seperti sebelumnya yaitu  KTP dan KK,” kata Dalfira di Sikakap kepada MentawaiKita.com, Selasa (23/11/2020).

Pencairan kali ini merupakan penyaluran BST tahap 7, 8 dan 9 yang masing-masing warga menerima Rp900 ribu. Sebelumnya pencairan tahap 1, 2 dan 3 sebanyak Rp1,8 juta dan tahap 4, 5 dan 6 sebanyak Rp900 ribu pada September lalu.

Untuk mengurangi keramaian saat pembagian bantuan, kantor pos Sikakap, penyaluran dilakukan dengan bergilir yakni Senin dari Desa Sikakap, Selasa dari Taikako, Rabu dari Desa Saumanganya dan Matobe. Pada hari Kamis dari desa  Betumonga, Silabu dan Makalo, Jumat dari Desa Sinaka.

Delfira menyebutkan pihaknya hanya berwenang menyalurkan dana sementara jumlah yang diterima ditetapkan oleh Kemensos.

Armalina (65), salah seorang warga Trans Taikako penerima bantuan mengatakan, mulai tahap pertama sampai memasuki tahap sekarang dirinya selalu menerima BST dari Kemensos yakni Rp1,8 juta ia terima.

“Saya senang ada bantuan ini karena butuh di rumah dan  untuk cucu saya yang sedang sekolah, mereka dua orang di SMA dan satu lagi di SMP berharap juga masih ada  bantuan ini,” ujarnya.


BACA JUGA