Warga Madobak Dapat Bantuan 200 Unit Sanitasi MCK

Warga Madobak Dapat Bantuan 200 Unit Sanitasi MCK Fasilitas MCK di Madobak yang dibangun tahun ini

MADOBAK-Warga Madobak mendapat bantuan 200 unit sanitasi mandi cuci dan kakus (MCK) dari Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Kabupaten Kepulauan Mentawai di Desa Madobak, Kecamatan Siberut Selatan. Pembangunan yang dilakukan secara swadaya tersebu telah mencapai bobot 90 persen.

Aurelius Sapumaijat, ketua pengurus kelompok swadaya masyarakat Madobak mengatakan, dana pembangunan sanitasi MCK tersebut sebesar Rp599 juta bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara tahun 2020.

"Ditargetkan bulan November ini akan selesai semuanya,"kata Aurelius kepada MentawaiKita.com, Kamis (19/11/2020).

Bantuan yang diberikan oleh DPKP Mentawai berupa septic tank, closet, semen, papan, paralon, besi, elbo dan lobrik. Sementara ruang bangunan untuk WC tersebut tidak ada sebab tidak dianggarkan.

"Untuk saat ini masih pengurusan anggaran tahap kedua ke Tuapejat, jadi setelah melihat lagi di rumah masyarakat masih ada lagi yang tidak pakai MCK namun akan diusulkan tahun depan, jumlahnya kita belum tahu, dan kami berharap bisa dikabulkan kembali agar semua masyarakat memiliki MCK yang layak,"kata Aurelius.

Dengan bantuan tersebut, kata Aurelius, sebagian besar rumah di Madobak telah memiliki sanitasi MCK.


BACA JUGA