Pemda Mentawai Kembali Berlakukan Wajib Swab untuk Pelaku Perjalanan ke Mentawai

Pemda Mentawai Kembali Berlakukan Wajib Swab untuk Pelaku Perjalanan ke Mentawai Pengambilan sampel untuk swab tes di Mentawai. (Foto: Dokumentasi Mentawaikita.com)

PADANG—Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai mengeluarkan edaran wajib tes swab bagi pelaku perjalanan ke wilayah Mentawai mulai 25 November mendatang. Untuk itu Pemda Mentawai menyediakan fasilitas pengambilan sampel RT-PCR (swab) gratis di Padang mulai 19 November  mendatang.

Aturan yang dikeluarkan Rabu (18/11/2020) untuk upaya mencegah dan menangani penyebaran Covid-19 khususnya pelaku perjalanan dari daerah berisiko sedang atau tinggi pandemi Covid-19. Karena itu bagi pelaku perjalanan yang tidak mematuhi edaran tersebut akan dikenai sanksi sesuai ketentuan yang berlaku di bidang penanganan Covid-19 di Mentawai.

Dalam edaran tersebut disebutkan, Pemda Mentawai menyediakan tempat pengambilan sampel swab gratis di Kantor Penghubung Kepulauan Mentawai, Jl. Azizi No. 121 Andalas, Padang setiap hari pada pukul 09.00-12.00 WIB dan 14.00-17.00 WIB, mulai 19 November. Sedangkan informasi hasil pemeriksaan swab test dapat menghubungi kontak Dinas Kesehatan Mentawai setia[ hari pukul 09.00-16.00 WIB dengan menyebutkan nama jelas, tanggal dan tempat pengambilan sampel swab.

Untuk meminta surat keterangan hasil pemeriksaan swab tes yang telah dinyatakan negatif dapat dilakukan di puskesmas atau posko tempat pengambilan sampel swab dengan membawa foto kopi KTP/KK.

Aturan wajib swab ini sempat diberlakukan Pemda Mentawai saat libur panjang Maulid Nabi lalu, namun sudah berakhir pada 9 November lalu.

BACA JUGA