Tiga Gempa Mengguncang Siberut, Warga Sempat Panik

Tiga Gempa Mengguncang Siberut Warga Sempat Panik Gempa Siberut

PURO-Tiga gempa mengguncang Pulau Siberut, gempa pertama dengan kekuatan 3,8 terjadi pada pukul 06.33 WIB kemudian disusul dengan kekuatan 3.5 terjadi pada pukul 06.32 WIB, lalu pada pukul 07.26 WIB gempa kembali terjadi dengan kekuatan 3,  pagi tadi.

Gempa tersebut membuat warga Puro, Desa Muara Siberut, Kecamatan Siberut Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai panik sebab gempa terjadi pagi tadi tergolong kuat dan gempa susulan terjadi satu kali.

Salah seorang warga Monika mengatakan, gempa yang terjadi pagi ini warga sempat panik karena getarannya kuat dan ditambah lagi gempa susulan dan mereka di rumah sempat berdiri untuk melihat keadaan apakah akan ada gempa besar lagi dan mencari posisi yang aman.

"Awalnya gempa yang terjadi pagi tadi itu tiba tiba suara gemuruh dan terasa sunyi bergoyanglah rumah dan terasa sekali tarikan namun lumayan kuat, memang guncangannya tidak kuat tapi kami sudah panik sebab beberapa hari ini gempa sudah sering terjadi dan kami waspada,"kata Monika kepada Mentawaikita.com, Rabu (18/11/2020).

Pasca gempa aktivitas masyarakat berjalan lancar tak ada kendala. “Kita tidak tahu akan adanya gempa susulan kembali sebab gempa ini sudah sering terjadi, kemarin gempa juga,” ungkapnya.

Berdasarkan data dari BMKG, gempa 3.8, berlokasi 1.26 LS - 99.46 BT (84 kilometer Barat Laut Kepulauan Mentawai dengan kedalaman 4 kilometer. Kemudian gempa kedua pada pukul 06.33 dengan lokasi 1.50 LS,99.16 BT (20 km tenggara Pulau Siberut dengan kedalam 30 kilometer. Kemudian gempa ketiga 3.0, Lok:1.60 LS,99.46 BT (51 km Tenggara Pulau Siberut dengan kedalam 5 kilometer.


BACA JUGA