Gempa M 6,3 Warga Pagai Utara Sempat Trauma

Gempa M 63 Warga Pagai Utara Sempat Trauma ilustrasi

SAUMANGANYA-Gempa magnitude 6,3 yang terjadi pada pukul 08.44 WIB juga dirasakan oleh warga di wilayah Kecamatan Pagai Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, warga sempat panik dan takut namun bisa diredam oleh pemerintah setempat.

Camat Pagai Utara, Gabriel Sakeru mengatakan gempa memang kuat disini, karena memang lokasi dekat dengan Pagai Utara. Warga sempat panik namun setelah diberikan informasi bahwa gempa tidak terjadi tsunami, warga kembali tenang.

“Di daerah Silabu tempat terjadi gempa dan tsunami 2010 lalu juga dikabarkan belum ada kerusakan, begitu juga di kecamatan di Saumanganya belum ada kerusakan karena rata-rata rumah warga terbuat dari kayu dan sebagian semi permanen,” ungkapnya saat dihubungi, Selasa 

Meski gempa tidak ada tsunami kata Gabriel yang pernah bekerja di BPBD Kabupaten Kepulauan Mentawai, masyarakat tetap waspada. “Jangan kita takuti gempa itu karena kita memang tinggal di daerah rawan gempa yang penting kita tetap waspada,” ujarnya.

Dia juga memaklumi warga yang masih trauma gempa ini, dulu sempat terjadi gempa besar di Pagai Utara meski tidak ada tsunami ada beberapa orang meninggal karena gempa, sekarang warga sudah tinggal di daerah perbukitan tidak lagi di pantai. 

“Saat ini kondisi sudah mulai normal warga sudah beraktivitas seperti sebelumnya,” tutupnya.


BACA JUGA