Harga Cabai Merah di Pasar Sikakap Naik

Harga Cabai Merah di Pasar Sikakap Naik Hen Tamar di kedainya di Pasar Sikakap, Mentawai. (Foto: Supri/Mentawaikita.com)

SIKAKAPHarga cabai merah di pasar Siakkap Kecamatan Sikakap Kabupaten Kepulauan Mentawai naik Rp10 ribu per kilogram dari Rp40 ribu menjadi Rp50 ribu. Kenaikan harga tersebut dipengaruhi harga cabai yang juga melonjak di Padang, Sumatra Barat.

"Di Padang sekarang harga cabai merah Rp40 ribu per kilogram, naik dari Rp30 ribu per kilogram, ditambah ongkos dan buruh terpaksa harga cabai merah dijual menjadi Rp50 ribu per kilogram," kata Hen Tamar, pedagang cabai merah di pasar Desa Sikakap, Senin (2/11/2020).

Pedagang bumbu dapur dan sembako ini biasa mendatangkan sekira 100 kilogram cabai merah per minggu. Namun karena harga naik, penjualan kini menurun. Saat ini kedainya masih punya stok cabai Rp50 kg.

Rahma (49), ibu rumah tangga di Sikakap mengatakan kenaikan harga cabai pasti berpengaruh kepada keluarga terutama belanja sehari-hari. Dia berharap pemerintah mengontrol harga cabai agar stabil kembali.

"Harapan kami para ibu rumah tangga supaya pemerintah dapat mengontrol harga cabe merah supaya stabil kembali, sebab cabe merah merupakan kebutuhan bumbu dapur untuk memasak, setiap memasak sambal pasti membutuhkan cabe merah, saya saja dalam satu Minggu itu membutuhkan cabe merah 1/2 kilogram," katanya.

Westi (36), juga ibu rumah tangga di Sikakap mengaku harus mengurangi konsumsi cabai harian keluarganya. “Biasanya jatah seminggu sekitar 0,5 kg cabai, sekarang harus bisa untuk 10 hari,” katanya.

BACA JUGA