Antisipasi Lonjakan Covid-19 Saat Libur Cuti Bersama, Penumpang Kapal ke Mentawai Wajib Swab Tes

Antisipasi Lonjakan Covid19 Saat Libur Cuti Bersama Penumpang Kapal ke Mentawai Wajib Swab Tes Ilustrasi pengambilan sampel untuk swab tes di Mentawai. (Foto: Dokumentasi Mentawaikita.com)

TUAPEIJAT-Untuk mengantisipasi lonjakan penderita Covid-19 di Mentawai di masa libur cuti bersama 28 Oktober-1 November, Bupati Mentawai mengeluarkan edaran baru yang mewajibkan setiap penumpang kapal menuju Kepulauan Mentawai harus dilengkapi dokumen hasil swab tes, tidak hanya rapid tes atau surat keterangan sehat seperti biasanya.

Kewajiban dokumen tes swab penumpang ini akan diberlakukan mulai 28 Oktober hingga 9 November sesuai cuti bersama peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW seperti yang sudah ditetapkan pemerintah pada 28 Oktober dan 30 Oktober. Edaran tersebut bernomor: 360/505/BUP-2020 tanggal 23 Oktober 2020 Tentang Antisipasi penyebaran Covid-19 bagi pelaku perjalanan ke wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Sehubungan dengan Surat Edaran Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet tersebut dijelaskan juga syarat pagi pelaku perjalanan yang hanya menggunakan surat keterangan bebas gejala Covid-19 berdasarkan hasil rapid tes anti body dapat diizinkan masuk ke wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai dengan melampirkan surat keterangan telah melakukan pengambilan sampel rapid tes dan swab tes dari petugas kesehatan/lembaga penyedia layanan pemeriksaan swab di Padang atau tempat yang disediakan Pemda Mentawai di Padang.

Tempat dan waktu pengambilan dan pemeriksaan rapid tes dan swab tes yang disediakan Pemda Mentawai di Padang berada di beberapa lokasi yakni Kantor Penghubung Kabupaten Mentawai di Andalas Padang, dibuka mulai Senin, (26/10) hingga Minggu, (8/11) 2020, kemudian di Pelabuhan Bungus, Muara Padang, Teluk Bayur dibuka pada Rabu, (28/10) hingga Senin, (9/11) 2020.

Kemudian setiap pelaku perjalanan Padang-Mentawai diwajibkan melakukan pemeriksaan dan pengambilan sampel swab pada puskesmas terdekat atau pada posko yang telah disediakan Pemda Mentawai setelah empat hari tiba di Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Sementara dokumen syarat perjalanan untuk pelaku perjalanan pada kapal penyeberangan antar pulau di wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai suket masih berlaku, namun pilihan menggunakan hasil rapid tes non reaktif dan atau hasil swab tes negatif yang masih berlaku bisa digunakan.

“Untuk kapal antar pulau ketiga syarat pilihan (suket, rapid tes, swab) itu masih berlaku,” kata Lahmuddin Siregar, Kepala Dinas Kesehatan Mentawai sekaligus Juru Bicara Perkembangan Pencegahan Penyebaran Covid-19 (Corona Disease-19).

 

BACA JUGA